STUDI
KELAYAKAN BISNIS BURGER KING GALUH MAS KARAWANG
Diajukan
sebagai tugas mata kuliah
Studi
Kelayakan Bisnis
Disusun
oleh :
Kelompok
3
Ray
Malkhia Hidayat 1341173404252
Erni
Johan 1341173404149
Nur
Afiatul Amri 1341173404200
Mega
Silvyani 1341173404199
Dina
Lutfiana Sari 1341173404257
FAKULTAS
EKONOMI DAN BISNIS
S1
AKUNTANSI
UNIVERSITAS
SINGAPERBANGSA KARAWANG
2016
KATA PENGATAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kepada
Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan nikmat yang diberikan, penulis dapat
menyelesaikan penelitian
study kelayakan bisnis pada perusahan “PT. Sari Burger
Indonesia” selaku pemilik lisensi restoran cepat saji “BURGER KING” di Indonesia tepat pada waktunya . Tujuan pembuatan laporan ini adalah
sebagai salah satu syarat memenuhi tugas mata kuliah FEASIBILTY STUDY pada PROGRAM
STUDI S1 AKUNTANSI, serta guna menambah pengetahuan dan wawasan dalam
memahami dunia bisnis.
Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis terutama
kepada para pembaca dan semoga dengan adanya penyusunan laporan seperti ini ,
laporan yang penulis buat, dapat tercatat dengan rapi dan dapat di pelajari
kembali pada kesempatan yang lain untuk kepentingan proses belajar dalam bidang bisnis terutama pada bisnis makanan.
Penulis menyadari bahwa didalam proses pengerjaan atau
penyajian Tugas
penelitian , masih banyak
terdapat kesalahan yang tidak disengaja. Untuk itu penulis mohon maaf
yang sebesar-besarnya dan penulis juga meminta kritik dan saran yang positif
untuk memacu penulis untuk memberikan yang lebih baik kedepannya. Semoga
makalah ini bermanfaat bagi penulis dan khususnya bagi para pembaca.
Penulis
karawang, November 2016
karawang, November 2016
DAFTAR ISI
BAB I..................................................................................................................... 1
1.1 Latar Belakang.................................................................................................. 1
1.2 Rumusan Masalah.............................................................................................
2
1.3 Tujuan Analisa.................................................................................................. 2
1.4 Kegunaan
Penelitian......................................................................................... 2
BAB II...................................................................................................................... 3
2.1 Definisi
Perusahaan .......................................................................................... 3
2.2 Studi Kelayakan
Bisnis....................................................................................... 4
2.2.1 Aspek Ekonomi.............................................................................................. 4
2.2.2 Aspek Sosial................................................................................................... 7
2.2.3 Aspek Politik................................................................................................... 8
2.3 Kerangka Berpikir................................................................................................ 9
BAB III..................................................................................................................... 10
3.1 Metodelogi......................................................................................................... 10
3.2 Teknik
Pengumpulan Data................................................................................ 11
3.2.1 Study Kepustakaan...................................................................................... 11
3.3 Teknik Analisa
Data ......................................................................................... 11
3.3.1 Deskriptif..................................................................................................... 11
3.3.2 Studi Kepustakaan...................................................................................... 11
BAB IV
4.1 Company Profile................................................................................................ 13
4.2 Hasil Analisis....................................................................................................... 14
4.2. 1
Aspek Pasar ............................................................................................. 17
4.2. 2
Aspek Pemasaran..................................................................................... 20
4.2. 3
Aspek Teknis............................................................................................. 23
4.2. 4
Aspek Produksi.......................................................................................... 26
4.2. 5
Aspek Manajemen..................................................................................... 27
4.2. 6
Aspek Manajemen Sumber Daya Manusia............................................... 28
4.2. 7
Aspek Ekonomi........................................................................................... 29
4.2. 8
Aspek Sosial ............................................................................................. 32
4.2. 9
Aspek Politik ............................................................................................. 34
4.2.10 Aspek Hukum............................................................................................ 35
4.2.11 Aspek Lingungan....................................................................................... 36
4.2.12 Aspek Keuangan........................................................................................ 39
BAB V........................................................................................................ ........... 40
5.1 Kesimpulan....................................................................................................... 40
5.1.1 Hasil Analisa Aspek Ekonomi memiliki
kemampuan.................................. 40
5.1.2 Hasil Analisa Aspek Sosial memiliki
Kemampuan...................................... 40
5.1.3 Hasil Analisa Aspek Politik memiliki
Kemampuan...................................... 41
5.2 Saran................................................................................................................ 41
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................... 42
BAB
I
1.1 LATAR BELAKANG
Gaya
hidup modern global mempengaruhi kebiasaan dan kebutuhan manusia. Perkembangan
teknologi dunia yang berkembang pesat mempermudah akses informasi melalui
berbagai media sosial yang terdapat pada perangkat mobile yang dimiliki. Dengan era globalisasi yang sangat dinamis tersebut
menimbulkan persaingan yang sangat ketat dalam perusahaan-perusahaan. Tidak
terkecuali untuk perusahaan makanan dan minuman.
Disahkannya
Undang Undang MEA merupakan tantangan bagi perusahaan – perusahaan di
Indonesia, yang mana investor Asean bebas mendirikan bisnis di Indonesia tanpa
melalui agen perusahaan perantara di Indonesia. Industri makanan dan minuman di
Indonesia memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Data yang ada menujukkan bahwa pertumbuhan,
dan nilai investasi di sektor pangan selalu meningkat dalam beberapa kurun
waktu terakhir.
Oleh
sebab itu industri makanan dan minuman Indonesia perlu merapatkan barisan untuk
memperkuat daya saing, sekaligus menciptakan iklim bisnis yang sehat. Sebgai negara dengan populasi ke-4 terbesar
di dunia serta pertumbuhan kelas menengah yang tinggi, pasar makanan dan
minuman Indonesia sangat menjanjikan dan paling diminat untuk investasi.
Bisnis
restoran cepat saji di Indonesia didominasi oleh restoran cepat saji milik
Amerika Serikat. Kebijakan pemerintah
Indonesia bahwa semua perusahaan asing di luar Asen yang membuka usaha di
Indonesia harus memiliki agen perusahaan yang merupakan badan usaha yang
berbadan hukum di Indonesia. Adalah PT.
Sari Burger Indonesia selaku anak perusahaan PT. Mitra Adiperkasa Tbk (MAP)
yang merupakan pemegang lisensi restoran cepat saji Burger King di Indonesia.
1.2 Rumusan Masalah
1.2.1 Bagaimana
analisa aspek pasar pada PT. Sari Burger Indonesia?
1.2.2 Bagaimana
analisa aspek pemasaran pada PT. Sari Burger Indonesia?
1.2.3 Bagaimana
analisa aspek teknis pada PT. Sari Burger Indonesia?
1.2.4 Bagaimana
analisa aspek produksi pada PT. Sari Burger Indonesia?
1.2.5 Bagaimana
analisa aspek manajemen pada PT. Sari Burger Indonesia?
1.2.6 Bagaimana
analisa aspek manajemen sumber daya manusia pada PT. Sari Burger Indonesia?
1.2.7 Bagaimana
analisa aspek keuangan pada PT. Sari Burger Indonesia?
1.2.8 Bagaimana
analisa aspek lingkungan pada PT. Sari Burger Indonesia?
1.2.9 Bagaimana
analisa aspek ekonomi pada PT. Sari Burger Indonesia?
1.2.10 Bagaimana
analisa aspek sosial pada PT. Sari Burger Indonesia?
1.2.11 Bagaimana
analisa aspek politik pada PT. Sari Burger Indonesia?
1.3 Tujuan Analisa
1.3.1 Untuk
mengetahui analisa aspek pasar pada PT. Sari Burger Indonesia.
1.3.2 Untuk
mengetahui analisa aspek pemasar pada PT. Sari Burger Indonesia.
1.3.3 Untuk
mengetahui analisa aspek teknis pada PT. Sari Burger Indonesia.
1.3.4 Untuk
mengetahui analisa aspek produksi pada PT. Sari Burger Indonesia.
1.3.5 Untuk
mengetahui analisa aspek manajemen pada PT. Sari Burger Indonesia.
1.3.6 Untuk
mengetahui analisa aspek manajemen sumber daya manusia pada PT. Sari Burger
Indonesia.
1.3.7 Untuk
mengetahui analisa aspek keuangan pada PT. Sari Burger Indonesia.
1.3.8 Untuk
mengetahui analisa aspek lingkungan pada PT. Sari Burger Indonesia.
1.3.9 Untuk
mengetahui analisa aspek ekonomi pada PT. Sari Burger Indonesia.
1.3.10 Untuk
mengetahui analisa aspek sosial pada PT. Sari Burger Indonesia.
1.3.11 Untuk
mengetahui analisa aspek politik pada PT. Sari Burger Indonesia.
1.4 Kegunaan Penelitian
1.4.1 Kegunaan
sebagai kegiatan pembelajaran umumnya dan penilaian mata kuliah studi kelayakan
bisnis secara khusus.
1.4.2 Sebagai
bahan referensi studi kepustakaan, untuk menambah referensi dan wawasan guna
melakukan penelitian atau studi lainnya.
1.4.3 Bagi
perusahaan menjadi analisa bidang pasar, pemasaran, teknis, produksi,
manajemen, manajemen sumber daya manusia, keuangan, lingkungan, ekonomi, bidang
sosial dan bidang politik atas bisnis yang dilakukan.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1
Definisi perusahaan
Pengertian
Perusahaan Menurut Para Pakar, sebagai berikut:
Menurut Molengraaff, Pengertian
Perusahaan adalah keseluruhan perbuatan yang dilakukan secara
terus-menerus, untuk memperoleh penghasilan, bertindak keluar, dengan
cara memperdagangkan, menyerahkan atau mengadakan perjanjian-perjanjian
perdagangan. Pengertian perusahaan disini tidak mempersoalkan tentang
perusahaan sebagai badan usaha, namun justru perusahaan sebagai perbuatan, jadi
terkesan hanya meliputi kegiatan usaha.
Pemerintah Belanda pada waktu membacakan rencana
undang-undang WvK di muka parlemen, menerangkan bahwa Pengertian
Perusahaan ialah keseluruhan dari perbuatan, yang dilakukan secara tidak
terputus-putus, dalam kedudukan tertentu, dengan terang-terangan dan untuk
mencari keuntungan (laba). Rumusan pengertian perusahaan yang diberikan oleh
pemerintah Belanda ini amat luas, sebab pekerjaanpun masuk di dalamnya.
Menurut Polak, Pengertian Perusahaan dari sudut
komersil artinya baru dikatakan perusahaan apabila diperlukan perhitungan laba
rugi yang dapat diperkirakan dan dicatat dalam pembukuan. Yang dimaksud dengan
Laba adalah tujuan utama dari setiap perusahaan, jika tidak demikian
berarti bukan perusahaan dan tidak mempersoalkan perusahaan sebagai badan
usaha.
Pengertian Perusahaan Menurut Undang-undang
Nomor 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan, sebagai berikut :
Ø
Pengertian
Perusahaan merupakan setiap bentuk usaha yang menjalankan setiap jenis
usaha yang bersifat tetap, terus menerus dan yang didirikan, bekerja serta
berkedudukan dalam wilayah negara Republik Indonesia yang bertujuan memperoleh
keuntungan (laba).
Ø
Pengertian Usaha adalah
setiap tindakan, kegiatan atau perbuatan apapun dalam bidang perekonomian yang
dilakukan oleh setiap pengusaha untuk tujuan memperoleh keuntungan (laba).
Ø
Pengertian
Pengusaha adalah setiap orang atau persekutuan atau badan hukum yang
menjalankan suatu jenis perusahaan.
Dengan demikian pengertian perusahaan seperti yang
diungkapkan di atas menurut undang-undang meliputi bentuk usaha (company) dan
sekaligus juga sebagai jenis usaha (business). Jadi dapat
disimpuLkan bahwa,Pengertian Perusahaan adalah badan usaha yang
menjalankan kegiatan di dalam bidang perekonomian (keuangan, industri dan
perdagangan), yang dilakukan secara terus-menerus atau teratur, dengan
terang-terangan dan dengan tujuan memperoleh keuntungan (laba).
Badan usaha yang dimaksud dapat dijalankan oleh
perorangan, persekutuan atau badan hukum. Disamping itu berdasarkan
undang-undang No.8, setiap perusahaan diwajibkan untuk membuat catatan keuangan
yang disimpan selama 10 tahun terhitung sejak akhir tahun buku perusahaan yang
bersangkutan.
Demikianlah ulasan mengenai pengertian perusahaan menurut
para pakar, semoga tulisan saya mengenai pengertian perusahaan menurut para
pakar dapat bermanfaat.
Istilah bisnis (Perusahaan) kecil bukan suatu definisi
yang mudah diuraikan restoran dan salon potong rambut yang dimiliki dan
dioperasikan secara lokal termasuk bisnis-bisnis berskala kecil, sementara
perusahaan –perusahaan raksasa seperti Sony, Caterpillar, dan Eastman Kodak
merupakan bisnis-bisnis berskala besar (92)(business 8th Edition) Ricky W.
Griffin, Ronald J.Erbert Erlangga 2007, Jakarta.
2.2
Study kelayakan bisnis
2.2.1.
Aspek pasar
Definisi pasar menurut Stanton : kumpulan orang-orang yang memiliki
keinginan untuk berbelanja,uang untuk belanja,dan kemauan untk
membelanjakannya.
Menyangkut
apakah ada peluang pasar untuk produk yang akan dihasilkan oleh kegiatan usaha
kita, dengan melihat hal-hal berikut :
·
Potensi pasar
·
Jumlah konsumen potensial,
konsumen yang mempunyai keinginan atau hasrat untuk membeli.
·
Tentang perkembangan/pertumbuhan
penduduk
·
Daya beli, kemampuan
konsumen dalam rangka membeli barang mencakup tentang perilaku
Bentuk
Pasar dari sisi produsen yaitu:
· Pasar persaingan sempurna : pembeli dan
penjualnya banyak, barang yang dijual homogen dan pangsa pasar
terkotak-kotak/kecil karena relatif tidak ada persaingan harga ditentukan oleh
demand dan supply. Contoh : beras,sayuran, dll.
· Pasar monopoli : jumlah penjual hanya
satu, hak monopoli bisa diperoleh karena alasan; penguasaan bahan
mentah,Penguasaan teknik produksi,Perolehan hak paten. Contoh : bensin.
· Pasar oligopoly : jumlah produsennya lebih
dari satu namun terbatas dikarenakan membutuhkan investasi yang besar. Contoh :
meskapai penerbangan, PO, dll.
· Pasar persaingan monopolistik : jumlah
produsennya banyak dan barangnya heterogen dalam konteks terdeferensiasi (sama
produk, beda merk). Contoh: sabun, pasta gigi, dll
Jenis pasar dilihat dari segi konsumen
· Pasar konsumen : pasar untuk
barang/jasa yang dijual kepada konsumen akhir untuk langsung digunakan dalam
kegiatan konsumsi. Contoh bakso, mie ayam,dll.
· Pasar produsen : pasar untuk barang yang
dijual atau disewakan kepada konsumen untuk digunakan dalam proses paroduksi
lebih lanjut. Contoh : kain,tepung,dll.
· Pasar penjual kembali : suatu unit pasar yang
bisa berupa agen pedagang eceran, distributor,grosir,dll.
· Pasar pemerintah : pasar yang menjual
barang-barang yang dibeli oleh unit-unit pemerintah dalam rangka menjalankan
tugaas pemerintah. conotoh : percetakan buku untuk BOS.
Analisis
SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi
kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan
ancaman (Threats) dalam suatu spekulasi bisnis. Yang dimana aplikasinya adalah
bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan dari peluang
(opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang
mencegah keuntungan dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya
bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan
yang terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu
membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan ancaman baru.
Melakukan analisis
· Analisis regresi
· Analisis deret waktu
· Analisis rantai markov
2.2.2.
Aspek pemasaran
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial
dimana individu-individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan
inginkan melalui penciptaan penawaran
dan pertukaran produk/nilai dengan pihak lain.
Tujuan perusahaan dalam
pemasaran :
1. Untuk meningkatkan penjualan dan laba
2. Untuk menguasai pasar
3. Untuk mengurangi persaingan
4. Untuk menaikkan prestise produk tersebut di pasar
5. Untuk memenuhi permintaan pihak-pihak tertentu
Proses
dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep
pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price),
pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang
bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki
pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat
tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen
yang dituju.
Aspek
pemasaran merupakan faktor strategis atau kunci dari keberhasilan perusahaan,
jika permintaan terhadap produk/jasa yang dibuat kurang memadai seluruh
kegiatan aspek-aspek yang lain tidak akan terwujud. Jika prospek permintaan terhadap
permintaan produk lebih kecil dari peawarannya maka sitem produksi produk
tersebut tidak layak dilaksanakan. Jika market space masih tersedia maka perlu
diselidiki apakah pasar masih mampu menampung produk baru yang direncanakan.
Untuk mengetahui potensi permintaan dan penawaran terhadap suatu barang atau
jasa, perlu dilakukan penelitian yang mendalam tentang perkembangan permintaan
dan jumlah pemasoknya. Perkembangan permintaan dapat diduga melalui perubahan
pendapatan, selera dan tingkah laku konsumen dalam membeli barang dan jasa
tersebut.
Pasar Sasaran
Selama
ini terlihat gejala semakin banyak perusahaan memilih pasar sasaran yang akan
dituju, keadaan ini dikarenakan mereka menyadari bahwa pada dasarnya mereka
tidak dapat melayani seluruh pelanggan dalam pasar tersebut. Terlalu banyaknya
pelanggan, sangat berpencar dan tersebar serta bervariatif dalam tuntutan
kebutuhan dan keinginannya. Jadi arti dari pasar sasaran adalah: Sebuah pasar
terdiri dari pelanggan potensial dengan kebutuhan alau keinginan tertentu yang
mungkin maupun mampu untuk ambil bagian dalam jual beli, guna memuaskan
kebutuhan atau keinginan tersebut.
Karena
konsumen yang terlalu heterogen (keadaan yang mempunyai latar belakang beragam
seperti, suku, ras, agama dll) itulah maka perusahaan perlu
mengkelompokkan pasar menjadi segmen-segmen pasar, lalu memilih dan menetapkan
segmen pasar tertentu sebagai sasaran. Dengan adanya hal ini, maka perusahaan
terbantu untuk mengidentifikasi peluang pasar dengan lebih baik, dengan
demikian perusahaan dapat mengembangkan produk yang tepat, dapat menentuan
saluran distribusi dan periklanan yang sesuai dan efisien serta mampu
menyesuaikan harga bagi barang atau jasa yang ditawarkan bagi setiap target
pasar.
Pasar
sasaran (Target Market) adalah: Sekelompok konsumen atau pelanggan yang secara
khusus menjadi sasaran usaha pemasaran bagi sebuah perusahaan.
Dalam
menerapkan pasar sasaran, terdapat tiga langkah pokok yang harus diperhatikan,
yaitu:
1. Segmentasi (Segmentasi
Pasar)
2. Targetting (Penetapan
Pasar Sasaran)
3. Positioning (Penempatan
Produk.)

2.2.3.
Aspek teknik
Menyangkut pemilihan lokasi, alat-alat, yang sesuai
dengan hasil yang diinginkan, lay out, dan pemilihan teknologi yang sesuai.
2.2.4.
Aspek produksi
Aspek
produksi dalam kewirausahaan
·
Menentukan produk yang akan dihasilkan/dipasarkan,
berdasarkan kebutuhan yang ada
·
Menentukan jumlah produk
·
Menentukan kualitas produk
Kualitas
Produk
Kualitas
merupakan karakteristik produk yang bergantung pada kemampuan untuk memuaskan
kebutuhan pelanggan yang dinyatakan atau tersirat. Salah satu cara untuk
menguji kualitas produk adalah dengan membandingkannya dengan produk pesaing.
Hal-hal yang harus diperbandingkan dan diketahui, diantaranya :
a. Kualitas
produk Anda dengan kualitas produk pesaing
b. Harga
produk Anda dengan harga produk pesaing
c. Pesaing
paling potensial bagi produk anda, yaitu pesaing yang produknya
mirip dengan produk Anda
d. Kelemahan
produk Anda dibandingkan dengan produkpesa
e. Pangsa
(persentase) pasar produk anda dengan produk lainnya.
Ada
dua hal yang diperhatikan dalam pengelolaan persediaan :
1. Sistem
kualitas (quality system), akan mempengaruhi kualitas dari hasil produksi. Oleh
sebab itu perlu dilakukan perencanaan standarisasi kualitas bahan baku
pada saat awal pembelian.
2. Jumlah
yang dibeli akan berpengaruh pada biaya yang akan timbul karena jumlah
pembelian bahan baku yang terlalu besar atau sedikit.
Untuk
mengetahui jumlah kebutuhan daar bahan baku, kita perlu mengetahui cara
pembelian bahan baku. Ada beberapa cara pembelian bahan baku,antara lain:
· Pembelian
dilakukan secara langsung untuk seluruh kebutuhan bahan baku proses produksi.
Pembelian dengan cara seperti ini berarti :
a. Biaya
pembelian sangat tinggi
b. Jangka
waktu persediaan cukup lama untuk dihasilkan
c. Lebih
terjamin dan aman
· Melakukan
pembelian secara berulang-ulang. Dengan cara pembelian ini berarti :
a. Biaya
pembelian bisa lebih efisien dan efektif
b. Jangka
waktu pembelian lebih terencana
c. Produksi
belum tentu terjamin dengan baik, karena bisa terjadi ketidaksesuaian kebutuhan
antara rencana pembelian dan kenyataan. Faktor yang bisa mengganggu diantaranya
adalah kesalahan manusia, perubahan cuaca yang akan menghambat pengiriman, dan
keterlambatan pengiriman dari pemasok. Permasalahan yang akan timbul adalah
bisa terhentinya proses terhentinya proses produksi karena ketiadaan bahan
baku.
Pentingnya
penyimpanan produk, antara lain untuk :
1. Memaksimalkan
pelayanan kepada pelanggan
2. Memaksimalkan
efisiensi pembelian dan produksi
3. Meminimalkan
investasi persediaan
4. Memaksimalkan
profit
Biaya –biaya yang timbul dalam mengatur persediaan produk, antara lain :
1. Biayapenyimpanan,t
erdiridari : modal, keuangan, asuransi, pajak, pencurian
2. Biaya
pemesanan/pembelian, terdiri dari : biaya ekspedisi, telepon, inspeksi, surat,
pengepakan
3. Biaya
penyiapan, terdiri dari : biaya mesin nganggur, persiapan tenaga kerja,
penjadwalan.
4. Biaya
kehabisan bahan, terdiri dari : biaya kehilangan penjualan, pemesanan khusus.
2.2.5.
Aspek manajemen
Aspek manajemen dan organisasi adalah aspek yang sangat vital
dalam suatu usaha. Karena usaha yang akan atau sedang dirintis mungkin saja
akan mengalami kegagalan jika manajemen dan organisasi tidak berjalan dengan
baik. Proses manajemen sendiri juga terdapat kaidah-kaidah agar suatu usaha
bisa berjalan lebih mudah. Dan kaidah-kaidah (aturan) itu sendiri bisa
tergambar jelas melalui fungsi-fungsi manajemen berikut:
1.
Perencanaan (Planning)
Perencanaan dalah proses
untuk menentukan kemana dan bagaimana suatu usaha akan dijalankan atau dimulai
untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.
2.
Pengorganisasian (Organizing)
Pengorganisasian adalah
proses untuk mengelompokkan kegiatan-kegiatan dalam unit-unit tertentu agar
jelas dan teratur sesuai dengan tanggung jawab dan wewenang si pemegang unit.
3.
Pelaksanaan (Actuating)
Pelaksanaan adalah
proses dimana semua hal yang terencana telah dimulai oleh seluruh unit. Seperti
seorang manajer yang mengerahkan seluruh bawahannya untuk memulai pekerjaan
sesuai dengan tugas yang telah ditetapkan kepadanya.
4.
Pengawasan (Controlling)
Pengawasan adalah proses
untuk mengukur, menilai dan mengevaluasi hasil pekerjaan agar tetap sesuai
dengan rencana awal dan mengoreksi berbagai penyimpangan selama proses
pelasanaan kerja.
2.2.6.
Aspek manajemen manusia
Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan suatu konsep yang
berkaitan dengan kebijaksanaan, prosedur dan praktek bagaimana mengelola atau
mengatur orang dalam perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Uraian Jabatan memuat
:
·
Identitas jabatan
·
Fungsi jabatan
·
Uraian tugas
·
Wewenang
·
Tanggung jawab
·
Hubungan kerja
·
Bahan, alat dan mesin
yang digunakan
·
Kondisi kerja
2.2.7.
Aspek ekonomi
Cukup banyak data makro ekonomi yang
tersebar di berbagai media yang secara langsung maupun tidak langsung dapat di
manfaatkan perusahaan. Data makro ekonomi tersebut banyak yang dapat di jadikan
sebagai indicator ekonomi yang dapat diolah menjadi informasi penting dalam
rangka studi kelayakan bisnis ,misalnya:
pdb, investasi,kurs valuta asing, kredit
perbankan, anggaran pemerintah, penganggaran pembangunan, perdagangan luar
negeri, dan neraca pembayaran.
Hambatan di Bidang Ekonomi
Pelaksanaan
pembangunan ekonomi terus di laksanakan dalam rangka menaikkan atau paling
tidak mempertahankan pendapatan yang telah di capai bagi Indonesia, masih
banyak tantangan dan hambatan yang di hadapi, sehingga tidaklah mudah untuk
melaksanakan pembangunan ekonomi yang juga berdampak padaaspek sosialdan
politik, ada beberapa penghambat, diantaranya.
a. Kebijakan Bisnis dari Pemerintah
Kebijakan produksi, terdiri atas:
1. Subsidi/pajak
langsung bagi produsen
2. Perlindungan
harga produksi dan saran produksi
3. Pengaturan
penggunaan sarana produksi
b. Pertumbuhan Penduduk
Besarnya pengangguran, hal ini di sebabkan
karena banyaknya tenaga kerja yang pindah dari desa ke kota ,dan kota tak mampu
menampung tenaga mereka karena kurang nya factor produksi lain untuk
mengimbangi nya sehingga terjadi nya pengangguran itu.
Tekanan penduduk yang berat, hal ini di
sebabkan antara naik nya rata-rata umur manusia di barengi dengan masih besar
nya persentase kenaikan jumlah penduduk yang makin lama makin membebani sumber
daya lain untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Produktivitas rendah,ini di sebabkan oleh
kualitas manusia dan sumber alam yang relative kurang menguntungkan.
Besar nya ketimpangan distribusi pendapatan,
misalnya keuntungan lebih banyak di miliki oleh sebagian kecil golongan
tertentu saja.
c. Pendapatan Nasional dan Pendapatan Perkapita
Kapital sedikit , ini di sebabkan oleh rendah
nya produktivitas tenagakerja yang berakibat pada rendah nya pendapatan Negara,
sehingga tabungan sebagai sumber capital juga rendah .
Kebijakan perdagangan dalam negri,terbagi
atas:
1. Pajak
penjualan,retribusi,dan kewajiban pembayaran lain nya.
2. Pengaturan
distribusi barang
3. Pengaturan
(stabilisasi) harga
Memberikan kesempatan kerja bagi
masyarakat. kegiatan usaha yang dapat di kerjakan oleh tenaga kerja local tidak
perlu di gantikan oleh tenaga kerja asing.
Menggunakan sumber daya local sumber daya
lokalmisal nya bahan baku.komponen bahan baku produk local jika di manfatkan
(dengan catatan kualitas cukup layak sesuai standart) untuk proses produksi
d. Invstasi dari Pihak Lain
Sisi nilai investasi pertenaga kerja.penialaian
berikut nya adalah bahwa proyek mampu meningkat kan kesempatan kerja. salah
satu cara mengukur proyek padat modal atau padat karyaadalah dengan berbagai
investasi (modal tetap+modal kerja) dengan jumlah tenaga kerja yang terlibat
sehingga di dapat nilai investasi pertenaga kerja.
e. Pertumbuhan Industri
Dengan adanya proses bisnis yang
baru , di harapkan tumbuh industry lain baik yang sejenis atau industry
pendukung lainnya. seperti industry bahan baku maupun industry sebagai dampak
positif adanya kegiatan ekonomi di daerah tersebut.
·
Menumbuhkan industry
lain dengan adanya proses bisnis yang
baru di harapkan tumbuh industry lain baik yang sejenis atau industry pendukung
lainnya. seperti industry bahan baku maupun industry sebagai dampak positif
adanya kegiatan ekonomi di daerah tersebut.
·
Turut menyediakan kebutuhan
konsumen dalam negri sesuai dengan kemampuan. Sebagian sudah di jelaskan di
atas bawah produk yang di hasilkan atas usaha tersebut dapat memnuhi kebutuhan
dalam negri sehingga jika mencukupi tidaklah perlu mengadakan impor yang sudah
tentu akan menguras devisa.
f. Kurs Valuta Asing
·
Menghasilkan dan menghemat
devisa penggunaan bahan baku yang di ambil dari produk local berarti mengurangi
penggunaan bahan impor.
·
Menambah pendapatan
nasional. Sudah jelas bahwa dengan bertumbuh nya bisnis di dalam negeri
misalnya:dengan diproduksi nya produk yang di konsumsi secara baik di dalam
negri, maka impor atas produk Dan komponen imputnya berkurang atau bahkan di
tiadakan sama sekali.
g. Kredit Perbankan
Sisi
distribusi nilai tambah maksudnya adalah agar proyek yang akan di bangun
memiliki nilai tambah, nilai tambah hendak nya dapat di hitung secara
kuantitatif. dalam perhitungan tersebut, agar lebih mudah, dapat di asumsikan
bahwa proyek dapat berproduksi dengan kapasitas normal.
Dalam proses persetujuan perkreditan dari bank diperlukan
rekomendasi yang menyatakan bahwa proyek tersebut layak, maka diperlukan SKB
h. Anggaran Pemerintah
Pengertian Anggaran
Sektor Publik
Anggaran publik
berisi rencana kegiatan yang direpresentasikan dalam bentuk rencana perolehan
pendapatan dan belanja dalam satuan moneter. Dalam bentuk yang sederhana
anggaran sektor publik merupakan suatu dokumen yang menggambarkan kodisi
keuangan dari suatu organisasi yang meliputi informasi mengenai pendapatan,
belanja dan aktivitas. Anggaran berisi estimasi mengenai apa yang akan
dilakukan organisasi di masa yang akan datang.
Secara
singkat anggaran publik merupakan suatau rencana finansial yang menyatakan :
1. Berapa
biaya-biaya atas rencana yang telah dibuat
2. Berapa
banyak dan bagaimana cara memperoleh uang untuk mendanai rencana-rencana
tersebu.
Pentingnya
Anggaran Sektor Publik
Anggaran
sektor publik dibuat untuk membantu menentukan tingkat kebutuhan masyarakat
seperti listrik, air bersih, kualitas kesehatan, pendidikan dsbnya agar
terjamin secara layak. Tingkat kesejahteraan masyarakat dipengaruhi oleh
keputusan yang dibuat pemerintah melalui anggran yang dibuat.
Proses
Penyusunan Anggaran Sektor Publik
APBD/APBN
yang dipresentasikan setiap akhir tahun dihadapan DPRD/DPR memberikan informasi
kepada masyarakat luas tentang program yang direncanakan oleh pemerintah untuk
meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan darimana program tersebut dibiayai.
Proses penyusunan anggaran mempunyai 4 tujuan :
· Membantu
pemerintah mencapai tujuan dan meningkatkan koordinasi antar bagian dalam
lingkungan pemerintah
· Membantu
menciptakan efisiensi dan keadilan dalam menyediakan barang dan jasa publik
melalui proses pemrioritasan
· Memungkinkan
pemerintah untuk memenuhi prioritas belanja
· Meningkatkan
transparansi dan pertanggungjawaban pemerintah kepada DPRD/DPR dan masyarakat
luas.
i. Penganggaran Pemerintah
Penganggaran
pada sektor publik terkait dengan proses penentanjumlah alokasi dana untuk
tiap-tiap program dan aktivitas dalam satuan moneter. Proses penganggaran
sektor publik dimulai ketika perumusan staretgi dan perencanaan strategik
selesai dilakukan. Anggaranmerupakan artikulasi dari perumusan dan perencanaan
strategi yang dibuat. Aspek-aspek yang harus dicakup dalam anggaran sektor
publik :
· Aspek
perencanaan
· Aspek
pengendalian
· Aspek
akuntabilitas
j. Perdagangan Luar Negeri
Nilai perdagangan luar negri yang rendah, ini
di sebabkan Negara miskin mengandalkan ekspor bahan mentah yang mempunyai
elastisitas penawaran permintaan atas perubahan harga yang inelastis ,dalam
jangka panjang mengakibatkan kerugian.
Kebijakan perdagangan luar negri terbagi 2
instrumen yaitu:
1. Instrumen
tarif,terdiri atas:pajak impor,pajak ekspor,dan subsidi ekspor
2. Instrumen
non-tarif ,terdiri atas dua batasan yaitu: pembatasan kualitatif dan pembatasan
kuantitatif.
k. Neraca Pembayaran
Neraca
pembayaran adalah suatu pembukuan yang menunjukkan aliran pembayaran yang
dilakukan dari negara-negara lain ke dalam negeri, dan dari dalam negeri ke
negara-negara lain. Pembayaran-pembayaran yang dilakukan tersebut meliputi:
1. penerimaan
dari ekspor dan pembayaran untuk impor barang dan jasa;
2. aliran
masuk penanaman modal asing dan pembayaran penanaman modal ke luar negeri; dan
3. aliran
ke luar dan lairan masuk modal jangka pendek (seperti mendepositkan
uang di luar negeri).
Dengan
demikian, sama halnya dengan masalah pengangguran dan inflasi, masalah defisit
dalam neraca pembayaran dapat menimbulkan efek yang buruk ke atas prestasi
kegiatan ekonomi dalam jangka pendek dan jangka panjang. Oleh karenanya setiap
negara harus berusaha menghindari berlakunya defisit dalam neraca pembayaran.
Neraca pembayaran
memberikan beberapa informasi penting mengani hubungan ekonomi di antara satu
negara dengan negara-negara asing. Neraca pembayaran akan memberikan informasi
mengenai nilai dan perkembangan ekspor dan impor. Ekspor dan impor adalah
kegiatan yang selalu dilakukan setiap negara dan sampai di mana peranan
kegiatan tersebut dalam perekonomian dapat diamati dari perkembangan neraca
pembayaran.
2.2.8. Aspek
sosial
Tujuan
utama perusahaan adalah mencari keuntungan yang sebesar-besar nya .namun
demikian,perusahaan tidak dapat hidup sendirian, perusahaan hidup bersama-sama
dengan komponen lain, salah satu komponen lain yang di maksud adalah lembaga
social sehingga dalam rangka keseimbangan tadi, hendak nya perusahaan memiliki
tanggung jawab social.
1. Interaksi Sosial
Perusahaan
sebagai lembaga social. Sebuah perusahaan memiliki tugas melaksanakan
bermacam-macam kegiatan dalam waktu bersamaan. misalnya: manufaktur, bahan
baku, mendistribusikan kepasar, dan lain-lain. Untuk merealisasikan kegiatan
perusahaan tidaklah mudah, di sana sering timbul ancaman-ancaman sekaligus
peluang-peluang yang datang dari lingkungan, baik eksternal maupun internal.
2. Perubahan kondisi social yang komplek
Perubahan
kondisi social yang kompleks pemecatan karyawan karena berbagai alasan ,seperti
misal nya:karena keryawan mabuk-mabukan atau perusahaan mengalami kemerosotan
keuntungan,hal yang biasa pada masa lalu.tindakan seperti ini akan
mengakibatkan terganggunya keseimbangan dalam bidang social yang kompleks dalam
perusahaan.di sebabkan karena semakin membaik peraturan perundang-undangan
pemerintah,meningkatnya kualitas sdm, dan lain-lain.
3. Perubahan dalam masyarakat pluralistics
Perubahan
dalam masyarakat yang pluralistic masyarakat pluralistic adalah sebuah
kehidupan berbagai kelompok yang mempengaruhi lingkungan perusahaan dalam
mendapatkan harapan-harapan social,ekonomi dan politik.,masing-masing kelompok
berusaha mengembangkan diri supaya fungsi system itu efektif. Berkaitan dengan
yang di atas, hendak nya bisnis memiliki manfaat-manfaat social yang hendak nya
diterima oleh masyarakat, seperti:
a. Membuka
lapangan kerja baru, maksudnya di bukakan proyek bisnis akan menggairahkan
masyarakat sekitar untuk turut serta membuka lapangan kerja baru.
b. Melaksanakan
alih teknologi maksudnya dengan dilakukan nya alih tekhnologi ini kapada
pekerja dengan berbagai cara pelatihan yang terprogram dengan baik maka di
harapkan tidak meningkatkan “skil” pekerja tetapi juga sikap mental sebagai
tenaga kerja yang andal semakin kokoh.
c. Meningkatkan
mutu hidup sudah tentu, adanya proyek bisnis turut serta mengurangi angka
pengangguran.
d. Pengaruh
positif proyek bisnis hendak nya dapat berpengaruh positif pada masyarakat
sekitar,tidak hanya berdampak pada meningkatnya atau semakin baiknya kondisi
lingkungan fisik, seperti jalan, jembatan, dan telepon tetapi juga kondisi
lingkungan fisikis mereka.
2.2.9. Aspek
politik
1. Adanya
isu, rumor, spekulasi yang timbul akibat kondisi politik yang di ciptakan
pemerintah akan mempengaruhi permintaan dan penawaran suatu produk, baik itu barang
maupun jasa. Dalam menganalisis kelayakan bisnis hendak nya aspek politik perlu
pula dikaji untuk untuk memperkirakan bahwa situasi politk saat bisnis di
bangun dan di implementasikan tidak akan sangat mengganggu sehingga kajian
menjadi layak,situasi politik dapat di ketahui melalui berita-berita dan media
massa. Berita tersebut terbagi dua: good news dan bad news.di dalam bisnis good
news di maknai dengan berita-berita yang dapat di terima pelaku pasar tentang
berbagai factor atau kondisi suatu
Negara yang berhubungan dengan dunia
investasi, yang di nilai mendukung dan memiliki potensi mendatangkan keuntungan
bagi dunia investasi.
Bad news , di sisi lain di maknai sebagai berita yang di terima pelaku pasar
tentang berbagai factor atau kondisi suatu Negara yang berhubungan dengan dunia
investasiyang di nilai tidak mendukung dan memiliki potensi mendatangkan
kerugian bagi dunia investasi. bad news di hindari pasar karena dampaknya
merugikan dan mengancam dunia investasi.praktek nya menyelewengkan dan menyalah
gunakan kekuasaan yang di lakukan oleh oknum pemerintah dalam menjalankan tugas
mereka di nilai pasar sebagai bad news karena mengancam keamanan modal dan
usaha mereka., kekacauan politik juga dapat mendorong lahirnya kondisi politik
juga dapat mendorong lahirnya kondisi social yang tidak aman. Jadi, jelas bahwa
aspek politik pemerintah secara langsung ataupun tidak langsung berpengaruh
pada dunia bisnis.makin kacau politik suatu daerah atau Negara berdampak makin
kacau pula dunia bisnis di daerah atau Negara tersebut.dan begitu pula sebalik
nya.contoh ny:di bawah ini di rangkum beberapa berita good news dan bad news
mengenai peristiwa politik dan social di Indonesia saat mana terjadi krisis
multi dimensi serta kondisi bisnis ,misal nya:kurs mata uang yang terjadi
bersamaan dengan pristiwa-pristiwa tersebut. kiranya, berdasarkan fakta
tersebut dapat di fahami bahwa sedikit-banyak nya situasipolitik berperan
terhadap kondisi bisnis.
2. Penyelenggaraan
Pemerintahan
Peraturan
Perundang-undangan yang menjadi landasan bagi transaksi bisnis
· Buku
III Kitab Undang-Undang Hukum Perdata tentang Perikatan
· Kitab
Undang-Undang Hukum Dagang
· Undang-Undang
Nomor 8 Tahun 1997 tentang Dokumen Perusahaan
· Undang-Undang
Nomor 1 Tahun 1995 sebagaimana telah dubah menjadi Undang-Undang Nomor 40 Tahun
2007 tentang Perseroan Terbatas
· Undang-Undang
Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian
· Undang-Undang
Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan
· Undang-Undang
Nomor 14 Tahun 2001 tentang Paten
· Undang-Undang
Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek
· Undang-Undang
Nomor 30 Tahun 2000 tentang Rahasia Dagang
· Undang-Undang
Nomor 31 Tahun 2000 tentang Desain Industri
· Undang-Undang
Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat
· Undang-Undang
Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen
· Undang-Undang
Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang
3. Kerjasama
Pemerintah
Kebijakan
pemerintah sekarang ini harus realistis. Melihat berbagai kenyataan yang ada
maka, berbagai pertimbangan dalam diri kita harus muncul. Mengerti dan memahami
hakekat dari keluarnya kebijakan tersebut harus diketahui terlebih dahulu.
Misalnya, apa yang menyebabkan keluarnya kebijakan tersebut, mengapa kebijakan
tersebut yang harus diambil oleh pemerintah, dan apa dampaknya terhadap
masyarakat.
Contoh
lain dari kebijakan yang dinilai dapat membantu masyarakat adalah proyek-proyek
yang diadakan oleh pemerintah. katakanlah pemerintah mengadakan proyek
membangun jalan raya. Dalam proyek ini pemerintah membutuhkan buruh dan pekerja
lain untuk menyelesaikannya. Dengan kata lain proyek ini menyerap SDM sebagai
tenaga kerja. Hal ini membuat pendapatan orang yang bekerja di situ bertambah.
Dengan bertambahnya pendapatan mereka akan terjadi efek yang sama dengan BLT
tadi
2.2.10. Aspek
hukum
Menyangkut
semua legalitas rencana bisnis yang akan kita laksanakan yang meliputi
ketentuan hukum yang berlaku diantaranya :
· Izin lokasi
· Akte
pendirian perusahaan dari notaris setempat PT/CV atau berbentuk badan
hukum lainnya.
· NPWP
(Nomor Pokok Wajib Pajak)
· Surat
tanda daftar perusahaan
· Surat
izin tempat usaha dari pemda setempat
· Surat
tanda rekanan dari pemda setempat
· SIUP
setempat
2.2.11. Aspek
lingkungan
Aspek lingkungan industri
Mengarah kepada spek
persaingan dimana bisnis perusahaan berada
·
Ancaman masuk pendatang
baru
·
Persaingan sesama
perusahaan di dalam industrinya
·
Ancaman dari produk
pengganti
·
Kekuatan tawar menawar
pembeli
·
Kekuatan tawar menawar
pemasok
·
Pengaruh kekuatan
stakeholder lainnnya
Aspek lingkungan hidup
Mengacu pada analisis
AMDAL
aspek lingkungan dalam
SKB mengacu pada Analisis Mengenai Dampak Lingkungan ( AMDAL ) yang
disusun oleh konsultan AMDAL. Di
Indonesia AMDAL dikenal sejak 1985-an.
AMDAL adalah analisis mengenai dampak suatu proyek (kegiatan ) terhadap
lingkungan hidup.
Tujuan dilakukan
AMDA terutama adalah agar kualitas lingkungan dapat terjaga dengan baik dan tidak mengalami kerusakan dengan berdirinya proyek. Contoh
pencemaran lingkungan
2.2.12. Aspke
keuangan
Menyangkut
sumber dana yang akan diperoleh dan proyeksi pengembaliannya dengan tingkat
biaya modal dan sumber dana yang bersangkutan. Perencanaan Investasi merupakan suatu langkah dalam menetukan sumber
pendanaan dengan memperhitungkan tingkat penggantian dari Investasi yang akan
dilakukan di dalam Studi Kelayakan Bisnis. Penilaian
investasi yang mencakup Payback Period, Net Present Value,Profitability
Index, Internal Rate of Return dan Break Even Point.
BAB III
METODOLOGI ANALISA
3.1 Metodelogi
Studi klayakan bisnis dalam metodelogi
ini, menggunakan metode penelitian campura Penelitian ini merupakan suatu
langkah penelitian dengan menggabungkan dua
bentuk penelitian yang telah ada
sebelumnya yaitu penelitian kualitatif dan penelitian
kuantitatif. Brog and Gall (1989)
menyatakan;
Metode
penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang
berlandaskan pada filsafat positivism, digunakan untuk meneliti pada poulasi
atau sempel tertentu, pengumpulan data berupa instrument peneitian, analisis
data bersifat kuantitatif/ statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis
yang telah ditetapkan.
Metode
penelitian kulalitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat
postpositivistik, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yan alamiah
(sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana penelitian adalah sebagai instrumen
kunci, teknik pengumupulan data dilakukan secara trangulasi (gabungan),
analisis data bersifat induktif/ kualitatif, dan hasil penelitian kulitatif
lebih menekankan dari pada generalissasi.
3.2
Teknik pengumpulan data
3.2.1
Study Kepustakaan
Studi kepustakaan adalah segala
usaha yang dilakukan oleh peneliti untuk menghimpun informasi yang relevan
dengan topik atau masalah yang akan atau sedang diteliti. Informasi itu dapat
diperoleh dari buku – buku ilmiah,
laporan penelitian, karangan – karangan ilmiah, tesis dan disertasi, peraturan
– peraturan, ketetapan – ketetapan, buku tahunan, ensiklopedia, dan sumber –
sumber tertulis baik tercetak maupun elektronik lain. Teori – teori yang mendasari masalah dan bidang yang akan
diteliti dapat ditemukan dengan melakukan studi kepustakaan.
Teori – teori yang ada dalam
penelitian ini yaitu:
3.3
Teknik Analisis Data
3.3.1.
Deskriptif
Metode
merupakan cara untuk mengungkapkan kebenaran yang objektif. Kebenara tersebut
merupakan tujuan, sementara metode itu adalah cara. Penggunaan metode
dimaksudkan agar kebenaran yang diungkapkan benar – benar berdasarkan bukti ilmiah yang kuat. Oleh
karena itu, metode dapat diartikan pula sebagai prosedur atau rangkaian cara
yang secara sistematis dalam menggali kebenaran ilmiah. Sedangkan penelitian
dapat diartikan sebagai pekerjaan ilmiah yang harus dilakukan secara
sistematis, teratur dan tertib, baik mengenai prosedurnya maupun dalam proses
berfikir tentang materinya (Nawawi dan Martini dalam Prastowo, 2011).
3.3.2.
Study Kepustakaan
Studi kepustakaan adalah segala
usaha yang dilakukan oleh peneliti untuk menghimpun informasi yang relevan
dengan topik atau masalah yang akan atau sedang diteliti. Informasi itu dapat
diperoleh dari buku-buku ilmiah, laporan penelitian, karangan-karangan ilmiah,
tesis dan disertasi, peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan, buku tahunan,
ensiklopedia, dan sumber-sumber tertulis baik tercetakmaupunelektroniklain.
Studi kepustakaan merupakan suatu
kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari suatu penelitian. Teori-teori yang
mendasari masalah dan bidang yang akan diteliti dapat ditemukan dengan
melakukan studi kepustakaan. Selain itu seorang peneliti dapat memperoleh
informasi tentang penelitian-penelitian sejenis atau yang ada kaitannya dengan
penelitiannya. Dan penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.
Dengan melakukan studi kepustakaan, peneliti dapat memanfaatkan semua informasi
dan pemikiran-pemikiran yang relevan dengan penelitiannya.
BAB
IV
Hasil
Analisis & Pembahasan
4.1
Company Profil
Burger King
Burger King disingkat (BK), adalah rantai Restoran Hamburger restoran makanan cepat saji yang berkantor
di unincorporated Miami-Dade
County, Florida, Amerika Serikat.
Perusahaan ini dimulai tahun 1953 sebagai Insta-Burger King, Jacksonville, Florida di restoran basis
rantai. saat Insta-Burger King kesulitan keuangan di tahun 1954, dua
waralaba dari kota Miami David Edgerton dan James McLamore, membeli perusahaan dan lalu
menamainya Burger King.
Burger King merupakan salah satu restoran terbesar di
Amerika. Burger King sempat mengalami permasalahan pada tahun 2002. Tercatat
pada tahun 2002, Wendy’s merupakan saingan tererat dari Burger King pada era
millennium baru. Bangkrutnya Burger King diikuti dengan tutupnya restoran
mereka di beberapa tempat di Amerika. Walapun kenyataannya bahwa pengunjung
lebih menyukai makanan Burger King daripada outlet yang lain dan hampir
seperempat restoran berada pada. Pendapatan dan laba per outlet menurun,
terjadi perdebatan antara perusahaan dan para pemilik franchise. Dibawah
kepemilikan konglomerat Inggris, Diageo, para franchiser mengalami kegelisahan.
Desember 2002, Texas Pasific Group (sekarang TPG) bekerja
sama dengan Bain Capital dan Golman Sachs, membeli dari Diageo seharga $1.5
miliar. Tetapi hal tersebut belum memberikan “angin segar” untuk Burger King
karena perusahaan pusatnya lebih berfokus pada usaha lainnya.
Tahun 2006, Burger King menjalin kerjasama dengan
kreditur untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh para franchiser.
Perusahaan membantu para franchiser merenovasi restoran dan meningkatkan
hubungan dengan para franchiser.Mereka mengurangi rata-rata waktu menunggu
menjadi 2.5 menit. 70 persen bisnis Burger King dan peralatan masak untuk
mempersiapkan makanan selalu diperbaharui.
Perusahaan mulai meningkatkan komunikasi internalnya dan
menawarkan tantangan dan penghargaan untuk karyawan yang berdedikasi tinggi.
Moral karyawan meningkat, turnover menurun, dan perusahaan mulai menambah
karyawan. Dibawah kepemilikan investor swasta, penjualan Burger King Amerika
meningkat signifikan selama delapan bagian berturut-turut, dan rata-rata
penjualan tiap restoran meningkat 11 persen. Perusahaan juga mulai membangun
beberapa cabang restoran dengan tujuan menghemat biaya pembangunan kira-kira 25
persen.
Mei 2006, investor perusahaan membawa Burger King untuk
go public, dengan mendaftarkan ke The New York Stock Exchange dengan nama BKC,
sehingga Burger King mengalami peningkatan finansial dan laba.
Sampai pada hari ini Burger King mengoperasikan lebih
dari 11.200 restoran, serta berupaya mengembangkan outlet yang tersebar di 50
negara bagian dan 60 negara. Tetapi sebelumnya, Burger King telah mencoba
membuka cabang restorannya di luar Amerika, pertama kali di San Juan, Puerto
Rico pada tahun 1963. Namun, pembukaan gerai di Puerto Rico tidak mendapat
tanggapan yang baik dari dunia internasional. Tanggapan ini justru muncul
ketika dibuka restotan Burger King di Kanada tahun 1969 pada saat kepemimpinan
Pillsbury. Setelah Kanada lalu menjamur kebenua lainnya seperti, di Eropa
dengan Madrid sebagai kota pertamanya pada tahun 1972, pada tahun 1982 giliran Asia Timur yang
mendapat giliran membuka restoran ini, termasuk Negara Jepang, Taiwan, Singapura,
dan Korea Selatan. Pada tahun 2001 Burger King di Jepang tutup dikarenakan
persaingan antar restoran yang ketat. Seperti yang kita ketahui bahwa saat itu
restoran franchise sudah menjamur. Tidak heran kalau Burger King memang
tertinggal oleh Mc-Donalds yang sangat gencar dalam usaha mempromosikan
produknya.
Pada 2007,
penghasilan mereka mencapai record $2.23 juta. Kira-kira 90 persen restoran
Burger King dimiliki dan dioperasikan sendiri oleh pemilik franchise,
kebanyakan dari mereka menjadikan franchise ini sebagai usaha keluarga dan
mengoperasikannya selama beberapa dekade. Rata-rata penjualan pada tahun 2007
mencapai $ 1,193 juta secara keseluruhan.
Pada tahun 2007, perusahaan membuka 441 restoran baru, 26 persen
meningkat pada akhir tahun.
Perusahaan bermaksud memanfaatkan momen pergerakan ini.
Tim kepemimpinan difokuskan pada upaya peningkatan rata-rata pendapatan tahunan
menjadi 6-7 persen dan peningkatan pertumbuhan laba bersih sampai 20 persen di
tahun mendatang.Sponsor swasta secara berkelanjutan berusaha menjaga 56 persen
saham di Burger King.
Burger King adalah scrapping nya 40-tahun "Have It
Your Way" slogan mendukung lebih pribadi "Jadilah Jalan Anda.”.
Burger King mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa motto baru ini dimaksudkan
untuk mengingatkan orang-orang bahwa "mereka dapat dan harus hidup
bagaimana mereka ingin kapan saja. Ini ok untuk tidak sempurna ...
ekspresi diri adalah yang paling penting dan itu perbedaan kita yang membuat
kita individu bukan robot”.
Fernando Machado, wakil presiden senior Burger King
manajemen merek global, mencatat dalam sebuah wawancara bahwa "Have It
Your Way" berfokus pada hanya pembelian - kemampuan untuk menyesuaikan
burger. Sebaliknya, dia mengatakan "Be Your Way" adalah tentang
membuat koneksi dengan gaya hidup seseorang lebih besar.
Sempat tutup pada era 1980-an, Burger
King mulai dioperasikan oleh Mitra
Adiperkasa (yang juga mengoperasikan waralaba Starbucks),
pada bulan April 2007, Perusahaan ritel, PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) kini
menjadi pemegang lisensi restoran cepat saji terbesar di AS, dengan outlet pertamanya di Senayan City, Jakarta. Saat ini, Burger King memiliki cabang-cabang di
Jakarta, Bandung dan Bali. Di Surabaya, Burger King hanya ada di Terminal 2 Bandar
Udara Internasional Juanda.
PT Mitra Adiperkasa berdiri pada tahun 1995 dan kemudian
berubah menjadi perusahaan terbuka (Tbk) pada tanggal 10 November 2004 yang
kepemilikan sahamnya dibuka untuk publik. PT Mitra Adiperkasa merupakan
perusahan terbesar di Indonesia dengan lebih dari 100 merk-merk terkenal di
dunia, seperti Zara, Swatch, Lotus, Sogo, Adidas, Reebok, Calvin Klein,
Converse, Sport Station, Starbucks dan lain sebagainya. Perusahaan ini
mendapatkan banyak penghargaan.
PT Mitra Adiperkasa Tbk menambah anak usahanya yang baru atas
nama PT Sari Burger Indonesia untuk mengelola Burger King.
Visi
dan Misi
Visi : menjadi perusahaan pemasaran ritel terkemuka di
Indonesia untuk merek-merek gaya hidup dan produk-produk berkualitas ternama.
Misi
:perusahaan berupaya keras memenuhi bahkan melampaui harapan pelanggan akan
kebutuhan gaya hidup yang sehat dan memuaskan dengan menyediakan:
·
Produk-produk yang terbaru
dan paling inovatif
·
Memberikan pengalaman
berbelanja paling mengesankan
·
Memberikan pelayanan terbaik
bagi pelanggan
·
Memberikan nilai yang sesuai
dengan uang yang dikeluarkan
·
Profil Perusahaan
4.2
Hasil Analisis &
Pembahasan
4.2.1. Aspek Pasar
Potensi pasar burger king untuk bisnis makanan cepat saji ini sangat
menguntungkan terlebih lagi makanan cepat saji sudah menjadi suatu kebutuhan
pokok bagi masyarakat.
Bentuk pasar burger king
dari sisi produsennya
yaitu sebagai pasar oligopoly, dimana banyak terdapat barang yang serupa tetapi
sedikit yang jual.
Bentuk pasar burger king
dari sisi konsumennya yaitu sebagai pasar konsumen dimana pembeli yang membeli
barang-barang untuk dikonsumsikan, bukan untuk dijual atau di proses lebih
lanjut.
Dengan adanya restoran
burger king dapat mempermudah masyarakat karena kita cukup untuk memesannya dan
hidangan yang kita butuhkan sudah ada tanpa kita repot-repot untuk membuatnya
sendiri. Ditambah lagi restoran burger king ini sudah ada pelayanan untuk Delivery dimana kita cukup diam dirumah
dan pesanan yang kita pesan diantar kerumah kita.
Hambatan aspek
Pasar
Posisi dalam pasar
oligopoli merupakan tantangan bagi Burger King di tengah persaingan dengan
kompetitor Mc Donald dan lain lain, kemungkinan market share diambil oleh
kompetitor akan mudah terjadi bila terjadi selisih harga dengan produk
kompetitor dengan kualitas yang tidak berbeda jauh
Solusinya adalah
dengan menyediakan produk dengan semua range harga yang paling rendah Rp.
25.000,00 sampai dengan Rp. 69.000,00 hal ini bertujuan agar semua pasar bisa
terjangkau
Analisis SWOT

Berikut data dari BPS
mengenai pertumbuhan penduduk masyarakat Berikut data dari BPS mengenai pertumbuhan
penduduk masyarakat kabupaten karawang sejak tahun 2010 - 2015
Kabupaten
|
Jumlah Penduduk
|
||
2010
|
2014
|
2015
|
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
Karawang
|
2.127.791
|
2.250.120
|
2.273.579
|
Namun pada tahun 2016 diperkirakan pertumbuhan
penduduk masyarakat kabupaten karawang mencapai 3,5 juta jiwa sudah termasuk pendatang dari daerah lain yang merupakan
pekerja industri manufaktur di Karawang.
Berikut analisis regresi
untuk menetukan proyeksi penjualan 5 tahun kedepan
Tahun
|
PenJualan (Y)
|
X
|
X2
|
X.Y
|
HARGA RATA RATA
|
OMZET
|
2016
|
8.640
|
(2)
|
4
|
(17.280)
|
69.091
|
596.946.240
|
2017
|
9.936
|
(1)
|
1
|
(9.936)
|
69.091
|
686.488.176
|
2018
|
11.426
|
-
|
-
|
-
|
69.091
|
789.461.402
|
2019
|
13.140
|
1
|
1
|
13.140
|
69.091
|
907.880.613
|
2020
|
15.111
|
2
|
4
|
30.223
|
69.091
|
1.044.062.705
|
TOTAL
|
58.254
|
10
|
16.147
|
4.024.839.136
|
Y =
a + bx
a
=
b
= 
a
=
b
= 
a = 11.651 b = 1.615
Y 2021 = a + bx
= 11.651 + 1.615(3)
= 16.495
a =
11.651/2 = 5.825
b =
1.615/2 = 807
Y 2021 Per Semester = 8.247
a =
11.651/4 = 2.913
b =
1.615/4 = 404
Y 2021 Per Triwulan =
4.124
a =
11.651/12 = 971
b =
1.615/12 = 135
Y 2021 Per Bulan =
1.37
Berikut grafik Penjualan
dari tahun 2016 - 2021

Dari analisi tersebut dapat
disimpulkan bahwa semakin meningkatnya penjualan dari tahun ketahun karena
meningkatnya pertumbuhan penduduk dan ekonomi kabupaten karawang dimana di
kabupaten karawang ini banyak industry manufaktur dan UMR kabupaten karawang termasuk
paling tinggi dari daerah lain.
4.2.2. Aspek Pemasaran
Segmenting
- Aspek Geografis
Masyarakat yang
dituju adalah warga kabupaten Karawang yang bertempat tinggal di perumahan
Galuh Mas, sekitar daerah kawasan Industri dan perumahan – perumahan sekitar
(Grand Taruma, Resinda, Tuparev, dll)
- Aspek Demografis
Usia dari pelanggan
yang dituju antara umur 17 sd 50 tahun laki – laki maupun perempuan dengan upah
minimum regional Rp 3.400.000,00
- Aspek Psikografis
Sebagian penduduk
Karawang merupakan pendatang dari daerah lain yang bekerja di Karawang,
meskipun banyak warga asli juga berprofesi di Karawang, perkembangan industri
di Kota Karawang. Sebagian penduduk Karawang merupakan pendatang dari daerah
lain yang bekerja di Karawang, meskipun banyak warga asli juga berprofesi di
Karawang, perkembangan industri di Kota Karawang menjadi daya tarik tersendiri
bagi para pencari kerja di bidang industri manufaktur. Gaya hidup karyawan industri manufaktur ini
cenderung sangat konsumtif, hal ini terlihat dari banyaknya kepemilikan
kendaraan sepeda motor sport dengan kapasitas di atas 150 cc oleh para pekerja
pabrik. Slogan Burger King yaitu “Be your way” menekankan kepada pelanggan
untuk membuat produk sesuai dengan keinginan pelanggan seperti berapa lembar
keju atau daging yang diinginkan dalam burgernya.
- Aspek Perilaku
Perilaku warga
Karawang yang konsumtif gemar membelanjakan uangnya untuk keperluan hiburan dan
makanan minuman khususnya di akhir pekan dan hari Minggu terlihat dari ramainya
tempat perbelanjaan dan restoran.
Targetting
Target pasar yang
ingin dituju adalah karyawan pabrik dan expatriate yang bekerja di Kawasas
Industri Karawang untuk kebutuhan catering perusahaan (Delivery), drive thru,
maupun makan di tempat.
Positioning
Brand image produk
Burger berukuran besar untuk pekerja pria
karena sesuai dengan namnya yakni BURGER KING, mudah didapatkan di rumah (dengan jaringan call center untuk delivery ke
area tertentu di sekitar restoran Burger King).
Marketing Mix
- Product
Burger dengan
berbagai variant burger dan ukuran Jr. Dan XL:
a. Chicken fillet burger
b. Cheese Burger
c. BBQ Burger
d. Whopper
e. Fried chicken
f. French fries
g. Sundae ice cream
h. Soft drink
- Price
Untuk burger range
harga dari Rp. 25.000,00 sd Rp 69.000,00
- Place
Samping KFC Festive
Walk Galuh Mas Karawang
- Promotion
-
Paket special price
delivery bundle
- Customer mendapatkan discount 10 persen pada pembelian
kedua dengan cara registrasi kode khusus yang terdapat di struk pembelian
pertama yang dapat diaktifkan di website burger King.
- Memberikan kupon diskon dengan pilihan menu menu tertentu
kepada pelanggan pada pembelian pertama.
Hambatan aspek pemasaran
Beragamnya produk
yang ada menimbulkan kemungkinan slow moving beberapa produk sehingga beresiko
tidak laku terjual
Solusinya adalah
melakukan promo harga secara bergantian untuk produk tertentu secara berkala.
4.2.3 Aspek Teknis
Building Lay
|
|
|
|
|
|
|
|
![]() |
M
M
M
LANTAI 1 LANATAI 2
KETERANGAN :
A : Meja lanatai 1 G : Meja luar lantai 2
B : Tempat pemasanan H : Meja lanatai 2
C : Dapur I : Gudang
D : Chili & strow station J : Toilet Perempuan
E : Tempat pemasannan ( Drive True ) L : Toilet Laki – Laki
F : Pengambilan pemasanan ( Drive True ) M : Jalan drive truE
B : Tempat pemasanan H : Meja lanatai 2
C : Dapur I : Gudang
D : Chili & strow station J : Toilet Perempuan
E : Tempat pemasannan ( Drive True ) L : Toilet Laki – Laki
F : Pengambilan pemasanan ( Drive True ) M : Jalan drive truE
Ground
Layout

Semi
Manual
Beef
Griler Mesin soft ice cream
Deep fryer Soft
Drink Dispenser


Aspek teknis memiliki hambatan yaitu semua bahan makanan harus dalam
keadaan sudah terpotong potong untuk sayuran dan dalam keaadaan siap untuk
disajikan dalam jumlah tertentu, hal ini sangat diperlukan untuk mengurangi
masa tunggu pesanan produk dari pelanggan sampai produk disajikan.
Solusinya adalah cook harus mempersiapkan bahan bahan untuk operasional
esok hari sebelum closing operasional pada hari itu. Hal ini harus dilakukan
terus menerus dan menjadi SOP agar masa tidak menggangu operasional restoran.
4.2.4 Aspek Produksi
Menggunakan metode variable costing, yaitu biaya yang dipengaruhi dari
banyaknya kuantitas produksi.
Cheese Burger XL
|
|||||||
no
|
Item
|
unit
|
Price
|
qty
|
cost
|
||
1
|
Bun
|
pcs
|
5.000
|
1
|
5.000
|
||
2
|
Tomato Sauce
|
litre
|
18.000
|
0,04
|
720
|
||
3
|
Mayonnaise
|
litre
|
15.000
|
0,02
|
300
|
||
4
|
Pickle
|
Kg
|
20.000
|
0,01
|
200
|
||
5
|
Beef
|
pcs
|
12.000
|
1
|
12.000
|
||
6
|
Tomato
|
Kg
|
15.000
|
0,04
|
600
|
||
7
|
Cucumber
|
Kg
|
12.000
|
0,03
|
360
|
||
9
|
Cheese Slice
|
Pack
|
10.000
|
0,20
|
2.000
|
||
COGS
|
21.180
|
||||||
COGS %
|
30,66
|
||||||
selling price
|
69.091
|
||||||
biaya gaji Karyawan
|
42.400.000
|
||||||
Listrik dan air
|
15.000.000
|
||||||
Biaya penyusutan
|
37.500.000
|
||||||
Biaya tetap
|
94.900.000
|
||||||
biaya tetap
|
94.900.000
|
||||||
harga per unit
|
69.091
|
||||||
biaya variabel per unit
|
21.180
|
||||||
BEP
UNIT =
|
BIAYA
TETAP / (HARGA PER UNIT - BIAYA PER UNIT)
|
||||||
94,900,000 / (69,091 -21,180)
|
|||||||
1.981
|
PCS
|
||||||
biaya tetap
|
94.900.000
|
||||||
MARGIN KONTRIBUSI = HARGA JUAL
PER UNIT - BIAYA VARIABEL PER UNIT
|
|||||||
kontribusi margin per unit
|
47.911
|
||||||
harga per unit
|
69.091
|
||||||
BEP
Rupiah = BIAYA TETAP / (MARGIN KONTRIBUSI / HARGA PER UNIT)
|
|||||||
94,900,000 / (47,911 / 69,091)
|
|||||||
Rp136.852.412
|
|||||||
4.2.5 Aspek
Manajemen
|
Struktur Organisasi
![]() |
Operasional Restoran dimulai
pukul 10.00 – 22.00 WIB
Shifting berlaku satu shiff
12 Jam dengan jumlah karyawan
·
Restaurant Manager 1 orang
·
Cook 4 orang
·
Delivery Crew 1 orang
·
Waiters 3 orang
·
Cashier 5 orang
4.2.6 Aspek
Manajemen Sumber Daya Manusia
1. Pemilik
Pemilik memiliki hak yang kuat atas
restoran maka pemilik melakukan pemerikasan pembukuan, keuangan serta segala
tindakan yang di jalankan oleh manajer retoran. Pemilik tidak diwajibkan selalu
ada setiap hari pada restoran dikarenakan kesibukannya mengurus bisnis yang
lainnya.
2. Restaurant
Manager
Restaurant Manager bertanggung jawab
atas kelancaran administrasi dan operasional serta mengkoordinir segala
keselarasan kegiatan di unit restoran
dan dapur dari segala aspek operasionalnya termasuk juga terhadap pengontrolan
pembiaya dari target hasil usaha yang selaras dengan tujuan perusahan.
3. Chef
Chef bertanggung jawab atas persediaan
makan sesuai dengan kebutuhan dan kegiatan menu maupun staf berdasarkan resep
standard dan biaya pembuatan makanan yang telah di anggarkan.
4. Delivery
Crew
Delivery Crew bertugas mempersiapkan
perlengkapan delivery dan kondisi kendaraan pengantar dalam kondisi baik.
Memastikan bahwa pesanan yang dibawa sesuai pesanan konsumen, dan membuat
laporan keluhan konsumen.
5. Waiters/waiterss
Waiters/waiterss bertanggung jawab atas
tugasnya dalam menyiapkan susunan meja yang rapih dan memberikan pelayanan dalam
penghidangan makanan dan minum secara ramah, sopan dan efesian terhadap
konsumen yang datang ke restoran sesuai standar pesanan dan konsumen.
6. Cashier
4 orang cashier untuk restoran dan 1
orang cashier untuk drive thru
Cashier bertanggung jawab Membersihkan
dan merapikan area kasir yang meliputi : Meja kasir, komputer kasir, printer,
lantai, vas bunga (jika ada), dan tempat sampah area kasir. Memastikan komputer
kasir dan printernya berfungsi dengan baik. Segera laporkan kepada
supervisor atau captain waiter jika ditemukan adanya error pada program kasir
(POS) dan atau printernya. Cek dan hitung ulang uang modal kasir dan uang receh
atau pecahan yang berfungsi sebagai uang tukaran. Melakukan transaksi dengan
baik, ramah,cepat, dan akurat. Menjawab telfon masuk dengan baik sesuai SOP
menerima telfonMencatat pesanan konsumen dengan jelas dan benar di buku
pesanan. Koordinasi dengan supervisor atau captain waiter jika ada complaint
atau keluhan dari konsumen atau pelanggan untuk segera ditindak lanjuti dengan
cepat dan tepat.
Hambatan aspek manajemen
sumber daya manusia
Kecilnya struktur
organisasi di restoran membuat fungsi kontrol sangat bergantung pada manajer
restoran, sehingga situasi – situasi yang bersifat insidentil hanya bisa
diselesaikan oleh manajer yang mampu mengambil inisiatif misalnya bila terjadi
keluhan dari pelanggan yang kecewa mengenai kualitas produk atau pelayanan,
manajer harus mampu memberi solusi yang tepat
Solusinya adalah manajer
restoran harus memiliki pengetahuan tentang handling customer complain,mampu
mengambil keputusan dengan cepat saat terjadi customer complain, cakap dan
berkompeten sesuai training yang dilakukan perusahaan. Proses seleksi untuk manajer harus dilakukan
secara khusus untuk menguji kemampuan dan kepemimpinan dalam mengatur
anggotanya.
4.2.7 Aspek
Ekonomi
Dalam
aspek ekonomi terdapat hambatan-hambatan di dalam ekonomi yaitu :
·
Kebijakan bisnis dari
pemerintah
Kebijakan bisnis dari
pemerintah merupakan suatu peraturan mengenai izin pendiran seperti akte
pendirian dan SIUP.
Menambah pendapatan daerah
dengan cara pendapatan dari pajak daerah tersebut.
·
Pertumbuhan Penduduk
Bertumbuhnnya penduduk
Memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat. Kegiatan usaha yang dapat
dikerjakan oleh tenaga kerja lokal,
meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat meningat UMK Karawang merupakan yang
tertinggi di Indonesia.
·
Pendapatan Nasional dan
Pendapatan Perkapita
Memberikan kesempatan kerja
bagi masyarakat. Kegiatan usaha yang dapat dikerjakan oleh tenaga kerja lokal, meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat mengingat
UMR Karawang saat ini mencapai 3 juta
dan merupakan UMR yang tertinggi di Indonesia.
·
Investasi dari Pihak Lain
seperti persaingan ketat karena
di daerah tersebut banyak produk sejenis yang memiliki brand ternama selaku
pesaing utama yaitu Mc Donald, keputusan
manajemen MAP sendiri yang untuk menjual sebagian saham ke perusahaan asing
asal Singapura, hadirnya Burger King di Galuh Mas Karawang memberikan
peningkatan ekonomi terhadap penduduk sekitar sebagai tenaga kerja dan turut
meningkatkan pendapatan asli daerah.
·
Pertumbuhan Industri
Menumbuhkan industry lain.
Dengan adanya proses bisnis yang baru, di harapkan tumbuh industry lain baik
yang sejenis atau industry pendukung lainnya. seperti bahan industry baku
contohnya pemasok bahan baku untuk produk BURGER KING maupun industry lainnya
untuk penambah pilihan sebagai kebutuhan
konsemen sehingga berdampak positif bagi kegiatan ekonomi di daerah tersebut.
·
Kurs Valuta Asing
Fluktuasi kurs
dollar AS yang tidak menentu menjadi penghambat saat pemasok bahan makanan
harus mengimpor sebagian bahan dari negara tertentu dan menyebabkan perubahan
harga dari pemasok yang diakibatkan oleh perubahan nilai uang.
Sebagian investasi
yang dilakukan oleh pihak asing menggunakan valuta asing yang mana memungkinkan
terjadi perubahan nilai uang di masa yang akan datang akibat inflasi dan
fluktuasi kurs.
·
Kredit Perbankan
Tambahan modal untuk membeli
suatu asset yang dibutuhkan oleh bisnis BURGER KING, akan tetapi hambatannya
nilai tingkat bunga pinjaman fluktuatif
·
Anggaran Pemerintah
Pengertian
Anggaran Sektor Publik
Anggaran
publik berisi rencana kegiatan yang direpresentasikan dalam bentuk rencana
perolehan pendapatan dan belanja dalam satuan moneter. Dalam bentuk yang
sederhana anggaran sektor publik merupakan suatu dokumen yang menggambarkan
kodisi keuangan dari suatu organisasi yang meliputi informasi mengenai
pendapatan, belanja dan aktivitas. Anggaran berisi estimasi mengenai apa yang
akan dilakukan organisasi di masa yang akan datang.
Pentingnya
Anggaran Sektor Publik
Anggaran sektor publik
dibuat untuk membantu menentukan tingkat kebutuhan masyarakat seperti listrik,
air bersih, kualitas kesehatan, pendidikan, dsbnya agar terjamin secara layak.
Tingkat kesejahteraan masyarakat dipengaruhi oleh keputusan yang dibuat
pemerintah melalui anggran yang dibuat.
APBD/APBN yang
dipresentasikan setiap akhir tahun dihadapan DPRD/DPR memberikan informasi
kepada masyarakat luas tentang program yang direncanakan oleh pemerintah untuk
meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan darimana program tersebut dibiayai
·
Penganggaran Pemerintah
Penganggaran pada sektor
publik terkait dengan proses penentanjumlah alokasi dana untuk tiap-tiap
program dan aktivitas dalam satuan moneter. Proses penganggaran sektor publik
dimulai ketika perumusan staretgi dan perencanaan strategik selesai dilakukan.
Contohnya pembanguan dalam
jangka panjang seperti pembuatan kereta cepat dimana jalur perlintasan tersebut
melewati kabupaten karawang adalah , jalan tol karawang – bogor yang berlokasi
di loji kabupaten karawang, pembuatan pelabuhan yang berlokasi di cilamaya,
dengan adanya pembangunan tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian
baru.
·
Perdagangan Luar Negeri
Franchise yang
dimiliki oleh pihak asing mengharuskan perusahaan di dalam negeri membayar aset
tak berwujud berupa franchise kepada perusahaan pusat yang berada di Amerika
Serikat.
·
Neraca Pembayaran
Neraca
pembayaran adalah suatu pembukuan yang menunjukkan aliran pembayaran yang
dilakukan dari negara-negara lain ke dalam negeri, dan dari dalam negeri ke
negara-negara lain. Pembayaran-pembayaran yang dilakukan tersebut meliputi:
1. penerimaan
dari ekspor dan pembayaran untuk impor barang dan jasa;
2. aliran
masuk penanaman modal asing dan pembayaran penanaman modal ke luar negeri; dan
3. aliran
ke luar dan lairan masuk modal jangka pendek (seperti mendepositkan
uang di luar negeri).
Dengan demikian, sama halnya dengan masalah pengangguran dan
inflasi, masalah defisit dalam neraca pembayaran dapat menimbulkan efek yang
buruk ke atas prestasi kegiatan ekonomi dalam jangka pendek dan jangka panjang.
Oleh karenanya setiap negara harus berusaha menghindari berlakunya defisit
dalam neraca pembayaran.
4.2.8 Aspek
Sosial
Dengan
adanya restoran burger king banyak masyarakat terutama anak
yang
terpengaruh dengan moderenisasi dan globalisasi akan suatu brand
yang sudah mendunia. Pengaruh modernisasi
ini dapat menyebabkan masyarakat menjadi boros dalam membelanjakan uangnya demi
mengikuti gaya hidup yang sebenarnya bukan kebutuhan utama.
·
Interaksi Sosial
Dengan adannya restoran
BURGER KING ini dapat mengubah suatu prilaku di lingkungan tersebut dimana
perusahaan atau organisasi sebagai lembaga sosial.
·
Perubahan Kondisi Sosial
yang Kompleks
cenderung banyaknya anak-anak
yang mengkonsumsi makanan cepat saji yang berdampak obesitas bila di konsumsi
secara berlebihan, dan prilaku makan di restoran cepat saja menjadi suatu
keharusan bagi masyarakat lingkungan sekitar.
·
Perubahan dalam Masyarakat
Pluralistics
Masyarakat pluralistic
adalah sebuah kehidupan berbagai kelompok yang mempengaruhi perusahaan dalam
mendapatkan harapan-harapan sosial, ekonomi dan politik. Masing-masing kelompok
berusaha mengembangankan diri supaya fungsi sistem itu efektif
Berkaitan
dengan yang di atas, hendak nya bisnis memiliki manfaat-manfaat social yang
hendak nya diterima oleh masyarakat, seperti:
a. Membuka
lapangan kerja baru, maksudnya di bukakan proyek bisnis akan menggairahkan
masyarakat sekitar untuk turut serta membuka lapangan kerja baru.
b. Melaksanakan
alih teknologi maksudnya dengan dilakukan nya alih tekhnologi ini kapada
pekerja dengan berbagai cara pelatihan yang terprogram dengan baik maka di
harapkan tidak meningkatkan “skil” pekerja tetapi juga sikap mental sebagai
tenaga kerja yang andal semakin kokoh.
c. Dengan
adannya restoran burger king ini dapat meningkatkan mutu hidup sudah tentu,
adanya proyek bisnis turut serta mengurangi angka pengangguran.
d. Pengaruh
positif dari restoran burger king ini hendak nya dapat berpengaruh positif pada
masyarakat sekitar,tidak hanya berdampak pada meningkatnya atau semakin baiknya
kondisi lingkungan fisik, seperti jalan, jembatan, dan telepon tetapi juga kondisi
lingkungan fisikis mereka.
4.2.9 Aspek
Politik
Politik
adalah macam-macam kegiatan yang menyangkut dengan penentuan tujuan-tujuan dan
pelaksanaan tujuan itu seperti :
1. Isu
Strategis
Adanya isu, rumor, spekulasi yang timbul akibat kondisi
politik yang di ciptakan pemerintah akan mempengaruhi permintaan dan penawaran
suatu produk, baik itu barang maupun jasa. good news dan bad news.di dalam
bisnis good news di maknai dengan berita-berita yang dapat di terima pelaku
pasar tentang berbagai factor atau kondisi suatu negara yang berhubungan dengan
dunia investasi, yang di nilai mendukung dan memiliki potensi mendatangkan
keuntungan bagi dunia investasi.Bad news , di sisi lain di maknai sebagai
berita yang di terima pelaku pasar tentang berbagai factor atau kondisi suatu
Negara yang berhubungan dengan dunia investasiyang di nilai tidak mendukung dan
memiliki potensi mendatangkan kerugian bagi dunia investasi.
2. Penyelenggaraan
Pemerintahan
Peraturan
Perundang-undangan yang menjadi landasan bagi transaksi bisnis
· Buku
III Kitab Undang-Undang Hukum Perdata tentang Perikatan
· Kitab
Undang-Undang Hukum Dagang
· Undang-Undang
Nomor 8 Tahun 1997 tentang Dokumen Perusahaan
· Undang-Undang
Nomor 1 Tahun 1995 sebagaimana telah dubah menjadi Undang-Undang Nomor 40 Tahun
2007 tentang Perseroan Terbatas
· Undang-Undang
Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian
· Undang-Undang
Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan
· Undang-Undang
Nomor 14 Tahun 2001 tentang Paten
· Undang-Undang
Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek
· Undang-Undang
Nomor 30 Tahun 2000 tentang Rahasia Dagang
· Undang-Undang
Nomor 31 Tahun 2000 tentang Desain Industri
· Undang-Undang
Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat
· Undang-Undang
Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen
· Undang-Undang
Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang
3. Kerjasama
Pemerintah
Kebijakan
pemerintah sekarang ini harus realistis. Melihat berbagai kenyataan yang ada
maka, berbagai pertimbangan dalam diri kita harus muncul. Mengerti dan memahami
hakekat dari keluarnya kebijakan tersebut harus diketahui terlebih dahulu.
Misalnya, apa yang menyebabkan keluarnya kebijakan tersebut, mengapa kebijakan
tersebut yang harus diambil oleh pemerintah, dan apa dampaknya terhadap
masyarakat.
Contoh
lain dari kebijakan yang dinilai dapat membantu masyarakat adalah proyek-proyek
yang diadakan oleh pemerintah. katakanlah pemerintah mengadakan proyek
membangun jalan raya. Dalam proyek ini pemerintah membutuhkan buruh dan pekerja
lain untuk menyelesaikannya. Dengan kata lain proyek ini menyerap SDM sebagai
tenaga kerja. Hal ini membuat pendapatan orang yang bekerja di situ bertambah.
Dengan bertambahnya pendapatan mereka akan terjadi efek yang sama dengan BLT
tadi.
4.2.10 Aspek Hukum
Menyangkut
semua legalitas rencana bisnis yang akan kita laksanakan yang meliputi
ketentuan hukum yang berlaku diantaranya :
· Izin lokasi
· Akte
pendirian perusahaan dari notaris setempat PT/CV atau berbentuk badan
hukum lainnya.
Akta
pendirian merupakan salah satu bentuk perizinan/legalitas bisnis. Akta
pendirian perusahaan meruapaka data otentik, yaitu salah satu bentuk legalitas
perusahaan yan dibuat di hadaan notaries, pejabat umum yang diberiakan wewenang
untuk itu oleh undang – undang. Akta pendirian yang memuat anggaran dasar
perusahaan, yaitu seperangkat aturan yang menajdi dasar berdiri organisasi dan
bekerjanya perusahaan menurut hukum.
· NPWP
(Nomor Pokok Wajib Pajak)
· Surat
tanda daftar perusahaan
· Surat
izin tempat usaha dari pemda setempat
· Surat
tanda rekanan dari pemda setempat
· SIUP
setempat
Dalam
dunia bisnis, perizinan/ legalitas memegang peranan yang sangat penting. Dunia
usaha tidak akan berkembang tanpa adanya mizin yang jelas menurut hukum dan
izin berfungsi karena dunia usaha membutuhkannya. Dunia usaha akan berkembang
bila izin yang diberikan mempunyai suatu kekuatan yang pasti, sehingga
perizinan dan dunia usaha dapat bekerja dalam kondisi yang nyaman. Salah satu
cara yang paling menunjang adalah dengan diberlakukannya Surat Izin Usaha
Perdagangan (SIUP), seperti yang diingatkan dalam UU No. 3 tahun 1982 tentang
Wajib Daftar Perusahaan (UUWDP) menyebutkan bahwa suatu perusahaan wajib
didaftarkan dalam jangka waktu 3 bulan setelah perusahaan mulai menjalankan
usahanya, dan menurut Keputusan Mentri Perdagangan No:1458/KP/XII/84 tentang “Surat Izin Usaha Perdagangan” (SIUP)
menyebutkan bahwa setiap perusahaan yang melakukan kegiatan perdagangan
diwajibkan memiliki SIUP dengan mengajukan Surat Permoonan Izin (SPI).
Perusahaan
yang harus memiliki SIUP, yaitu :
1. Perusahan
kecil, yaitu perusahaan yang mempunyai modal dan kekayaan bersih (netto) di
bawah Rp. 25.000.000;
2. Perusahaan
menengah, yaitu erusahaan yang mempunyai modal dan kekayaan bersih (netto) di
atas RP. 25.000.000,- sampai dengan RP. 100.000.000;
3. Perusahaan
besar, yaitu perusahaan yang mempunyai modal dan kekayaan bersih diatas Rp.
100.000.000.
Perusahaan
yang memiliki SIUP memiliki kewajiban:
1. Lapor
apabila tidak melakukan kegiatan perdagangan/ menutup perusahaan disertai
pengambilan SIUP.
2. Memberikan
data informasi mengenai kegiatan usaha bila diperlukan oleh mentri/ pejabat
terkait.
3. Membayar
biaya administrasi izin perusahaan.
4.2.11 Aspek Lingkungan
Lingkungan bisnis
- Ancaman
masuk pendatang baru
Wendy’s yang memiliki burger
ukuran besar, varian yang banyak dan kualitas yang tidak kalah dengan burger
king.
- Persaingan
sesama perusahaan didalam industrinya
Bisnis serupa sama – sama
menyediakan layanan delivery disamping itu harga produk – produknya juga
besaing ketat.
- Ancaman
dari produk pengganti
Mc’donald yang sudah ada
lebih dahulu di Karawang berpotensi menjadi produk pengganti bila memiliki
produk dengan bahan baku yang lebih berkualtas.
- Kekuatan
tawar – menawar pembeli
Pembeli cendrung akan
memilih produk yang lebih murah atau lebih berkualitas, sebagian pembeli
memprioritaskan haraga dan sebagian lagi lebih mementingkan kualitas.
- Kekuatan
tawar – menawar pemasok
Sistem franchise yang mana
harga bahan baku sudah mengikuti kontrak yang berlaku, perubahan harga dapat
dilakukan bila memenuhi kondisi – kondisi yang tertera dalam surat perjanjian
kerja dengan pemasok.
- Pengaruh
kekuatan stakeholder lainnya
- Bisnis mengikuti semua persyaratan
pemerintah dan pembagian PPN yang ditujukan langsung menjadi pendapatan asli
daerah, bersinergi dengan program pemerintah pusat untuk pertumbuhan industri
makanan dan minuman lewat kementrian – kementrian terkait.
- Lingkungan
masyarakat menyumbang kontrobusi terhadap bisnis lewat tenaga kerja yang
berasal dari masyarakat sekitar.
- Kreditor yaitu Bank menilai kelayakan
bisnis dan kinerja bisnis dalam upaya untuk mengabulkan pengajuan kredit
bisnis.
- Asosiasi yaitu dengan
adanya dukungan dari GAPMMI (Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh
Indonesia) dengan cara ikut menjadi anggota GAPPMI membuat manajemen menjadi
update dengan informasi – informasi baru seputar bisnis baru restoran dan
kerjasama antar pemilik bisnis dalam melakukan pemetaan pasar.
Lingkungan hidup
Mengacu pada analisis
AMDAL
aspek lingkungan dalam
SKB mengacu pada Analisis Mengenai Dampak Lingkungan ( AMDAL ) yang
disusun oleh konsultan AMDAL. Di
Indonesia AMDAL dikenal sejak 1985-an.
AMDAL adalah analisis mengenai dampak suatu proyek (kegiatan ) terhadap
lingkungan hidup.
Tujuan dilakukan
AMDA terutama adalah agar kualitas lingkungan dapat terjaga dengan baik dan tidak mengalami kerusakan dengan berdirinya proyek. Contoh
pencemaran lingkungan
n PP
29 tahun 1986 pasal 6, AMDAL merupakan komponen studi kelayakan dari rencana
kegiatan, sehingga bagi proyek tertentu tahap implementasi belum dapat dimulai
sebelum AMDAL diselesaikan dan disetujui oleh pihak yang bertanggung jawab.
PP
Nomor 51 tahun 1993 dimaksudkan sebagai penyempurnaan ketentuan pokok
pengelolaan lingkungan hidup serta beberapa keputusan menteri yang menyertainya
(Kep-11?MENLH/3/94 dan Kep-12/MENLH/3/94)
LANDASAN UTAMA :
n Memperhatikan
kemampuan daya dukung lingkungan lokasi proyek dan alam sekitarnya.
n Mengelola
penggunaan sumber daya secara bijaksana dengan merencanakan, memantau, dan
mengendalikan secara bijaksana.
n Memperkecil
dampak negatif dan memperbesar dampak positif.
Hambatan aspek lingkungan
Bahwa bisnis akan menghasilkan limbah berupa air bekas
cuci peralatan memasak yang dilakukan terus menerus setiap hari yang mana
peralatan memasak ini mengandung lemak jenuh sisa menggoreng atau memanggang
yang bisa berdampak merusak lingkungan.
Solusinya adalah dengan membangun sistem drainase yang
baik, membangun tempat penyimpaan air untuk mencuci (torren air), memastikan
limbah pencucian peralatan masak tidak akan mengalir ke perumahan sekitar.
4.2.12
Aspek Keuangan
Aspek Keuangan
|
||
Diketahui
|
Harga Mesin Baru
|
Rp
2.000.000.000
|
Umur Ekonomis
|
4 Tahun
|
|
Nilai Residu
|
Rp
200.000.000
|
|
Penghematan Tunai
|
Rp
300.000.000
|
|
Pajak
|
30%
|
|
Return
|
18%
|
|
Langkah awal
|
||||||
Penyusutan mesin baru
|
||||||
2.000.000.000 - 200.000.000/4 =
|
Rp 450.000.000
|
|||||
Perhitungan penerimaan bersih dan investasi
bersih
|
||||||
Investasi Bersih
|
Rp 1.000.000.000
|
|||||
Penghematan Tunai
|
Rp 500.000.000
|
|||||
Penyusutan mesin baru petahun
|
Rp 450.000.000
|
-
|
||||
Tambahan EBIT
|
=
|
Rp
50.000.000
|
||||
Pajak 30%
|
=
|
Rp
15.000.000
|
-
|
|||
Tambahan EAT
|
Rp
35.000.000
|
|||||
Tambahan Penyusutan
|
=
|
Rp 450.000.000
|
+
|
|||
Tambahan Cashflow
|
Rp 485.000.000
|
|||||
Payback Period
|
=
|
Rp 1.000.000.000
|
x 1 tahun
|
=
|
2 Tahun
|
|
Rp 485.000.000
|
||||||
Ini berarti bahwa dana yang
tertanam dalam aktiva tetap tersebut sebesar Rp.1.000.000.000, sudah dapat
diperoleh kembali seluruhnya dalam waktu 2 tahun.
Untuk menilai kelayakannya, misal dengan
menggunakan metode NPV maka dapat dihitung NPV nya sebagai berikut:
|
||||||||||||
Pv dari tambahan cashflow tahun 1-4
|
Rp 485.000.000
|
x
2,960
|
=
|
Rp 1.304.650.000
|
||||||||
Pv dari nilai residu 4 tahun
|
Rp
200.000.000
|
x 0,516
|
=
|
Rp
103.200.000
|
+
|
|||||||
Total Pv of cashflow
|
Rp 1.407.850.000
|
|||||||||||
Investasi
|
Rp 1.000.000.000
|
-
|
||||||||||
Net Present Value
|
Rp
407.850.000
|
|||||||||||
Dari
analisa perhitungan tersebut, ternyata menghasilkan NPV Positif sebesar Rp. 407.850.000 sehingga
dapat di simpulkan bahwa investasi pembelian mesin tersesebut layak.
Profitability Index (PI)
|
=
|
1.407.850.000
|
=
|
1,41
|
1.000.000.000
|
Dari
analisa perhitungan tersebut dapat dinyatakan bahwa investasi dapat diterima
karena mempunyai PI lebih besar dari 1.
BAB V
KESIMPULAN & SARAN
5.1 KESIMPULAN
5.1.1 Hasil
Analisa Aspek Ekonomi memiliki kemampuan :
·
Memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat.
Kegiatan usaha yang dapat di kerjakan oleh tenaga kerja local Untuk penghasilan
masyarakat karawang dapat dilihat dari besarnya UMR kota karawang.
Menumbuhkan
industry lain. Dengan adanya proses bisnis yang baru, di harapkan tumbuh
industry lain baik yang sejenis atau industry pendukung lainnya.
Menambah pendapatan daerah dengan cara pendapatan dari
pajak daerah tersebut.
·
Aspek ekonomi memiliki kelemahan yaitu
persangian ketat karena di daerah tersebut banyak produk sejenis yang memiliki
brand ternama.
·
Kebutuhan atas permodalan dan ekspansi
menyebabkan PT. Mitra Adiperkasa menjual sebagian sahamnya sebesar 39% ke
perusahaan asal Singapura untuk memperkuat Burger King.
5.1.2 Hasil
Analisa Aspek Sosial memiliki Kemampuan:
·
Dengan adanya restoran burger king banyak
masyarakat terutama anak yang terpengaruh dengan modernisasi dan globalisasi
akan suatu brand yang sudah mendunia.
·
Aspek Sosial mempunyai kelemahan yaitu:
cenderung banyaknya anak-anak yang mengkonsumsi makanan cepat saji yang
berdampak obesitas bila dikonsumsi secara berlebihan.
5.1.3 Hasil
Analisa Aspek Politik memiliki Kemampuan:
·
Pihak Burger King, developer Galuh Mas dan
bisnis sejenis di sekitar melakukan strategi lokasi bisnis dimana penentuan
lokasi bisnis ini dimaksudkan untuk bisnis masing masing perusahaan dapat
berjalan secara bersama – sama dengan menekan ancaman persaingan seminim
mungkin.
5.2 SARAN
Dari
Aspek Ekonomi Peneliti Menyarankan:
Perusahaan
bisa mengambil modal kerja dari anak perusahaan lain yang menjadi penghasil
profit terbesar sebagai tambahan investasi untuk Burger King dibanding dengan
harus menjual saham ke perusahaan asing.
Dari Aspek Politik Peneliti Menyarankan:
Burger
King melakukan pendekatan berkelanjutan kepada developer Galuh Mas untuk
mengamankan sekitar Festive Walk Karawang di luar mall untuk tidak berdiri
bisnis serupa dengan variant sejenis, hal ini dapat dilakukan dengan cara
perjanjian tertulis dengan syarat ketentuan tertentu dengan kedua belah pihak.
DAFTAR PUSTAKA
Arif Furchan. 1992 Pengantar Metode
Penelitian Kualitatif. Usaha
Nasional. Surabaya.
Ahmad Sunhaj. 1996. Teknik Penulisan
Kualitatif dalam Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-Ilmu Sosial dan Keagamaan. Kalimasada Press. Malang.
Imron Arifin.
1996. PenelitianKualitatif. Kalimasahada
Press. Bandu
Lexy J. Moleong. 1994. Metode
Penelitian Kualitatif . Remaja Rosda Karya. Bandung.


terimakasih telah berbagi beragam informasi seputar wirausaha kuliner burger king, sangat menarik...
BalasHapusSoftware Kasir Restoran
Casino With the best bonus codes
BalasHapusCasino 토토 사이트 검증 With 파라오바카라 the 벳 티비 best 승인전화없는 토토 bonus codes - 포커배열키보드 Casino Sites
WinStar World Casino to Offer 25M+ Employees and 10M
BalasHapusWorld Casino will 서귀포 출장마사지 offer 25M+ 삼척 출장마사지 employees 포항 출장안마 and 10M employees and 10M of players 안동 출장샵 to enter 안성 출장안마 the casino for free.