Kamis, 22 Desember 2016

STUDI KELAYAKAN BISNIS BURGER KING GALUH MAS KARAWANG

STUDI KELAYAKAN BISNIS BURGER KING GALUH MAS KARAWANG

Diajukan sebagai tugas mata kuliah
Studi Kelayakan Bisnis
 

Disusun oleh :
Kelompok 3
Ray Malkhia Hidayat 1341173404252
Erni Johan 1341173404149
Nur Afiatul Amri 1341173404200
Mega Silvyani 1341173404199
Dina Lutfiana Sari 1341173404257


FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
S1 AKUNTANSI
UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

      2016        






KATA PENGATAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan nikmat yang diberikan, penulis dapat menyelesaikan penelitian study kelayakan bisnis pada perusahan “PT. Sari Burger Indonesia” selaku pemilik lisensi restoran cepat saji “BURGER KING” di Indonesia tepat pada waktunya . Tujuan pembuatan laporan ini adalah sebagai salah satu syarat memenuhi tugas mata kuliah FEASIBILTY STUDY pada PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI, serta guna menambah pengetahuan dan wawasan dalam memahami dunia bisnis.
Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis terutama kepada para pembaca dan semoga dengan adanya penyusunan laporan seperti ini , laporan yang penulis buat, dapat tercatat dengan rapi dan dapat di pelajari kembali pada kesempatan yang lain untuk kepentingan proses belajar dalam bidang bisnis terutama pada bisnis makanan.
Penulis menyadari bahwa didalam proses pengerjaan atau penyajian Tugas penelitian , masih banyak  terdapat kesalahan yang tidak disengaja. Untuk itu penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya dan penulis juga meminta kritik dan saran yang positif untuk memacu penulis untuk memberikan yang lebih baik kedepannya. Semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis dan khususnya bagi para pembaca.


Penulis
karawang, November 2016

 















DAFTAR ISI


 BAB I.....................................................................................................................             1
1.1 Latar Belakang..................................................................................................             1
1.2 Rumusan Masalah.............................................................................................            2
1.3 Tujuan Analisa..................................................................................................             2
1.4 Kegunaan Penelitian.........................................................................................             2

BAB II......................................................................................................................               3
2.1 Definisi Perusahaan ..........................................................................................               3
2.2 Studi Kelayakan Bisnis.......................................................................................              4
  2.2.1 Aspek Ekonomi..............................................................................................              4
  2.2.2 Aspek Sosial...................................................................................................             7
  2.2.3 Aspek Politik...................................................................................................             8
2.3 Kerangka Berpikir................................................................................................             9

BAB III.....................................................................................................................             10
3.1 Metodelogi.........................................................................................................             10
3.2 Teknik Pengumpulan Data................................................................................             11
  3.2.1 Study Kepustakaan......................................................................................             11
3.3 Teknik Analisa Data .........................................................................................             11
   3.3.1 Deskriptif.....................................................................................................             11
   3.3.2 Studi Kepustakaan......................................................................................             11

BAB IV

4.1 Company Profile................................................................................................            13
4.2 Hasil Analisis.......................................................................................................           14
        
  4.2.  1 Aspek Pasar .............................................................................................             17
  4.2.  2 Aspek Pemasaran.....................................................................................             20
  4.2.  3 Aspek Teknis.............................................................................................             23
  4.2.  4 Aspek Produksi..........................................................................................             26
  4.2.  5 Aspek Manajemen.....................................................................................             27
  4.2.  6 Aspek Manajemen Sumber Daya Manusia...............................................             28
  4.2.  7 Aspek Ekonomi...........................................................................................            29
  4.2.  8 Aspek Sosial .............................................................................................             32
  4.2.  9 Aspek Politik .............................................................................................             34
  4.2.10 Aspek Hukum............................................................................................             35
  4.2.11 Aspek Lingungan.......................................................................................             36
  4.2.12 Aspek Keuangan........................................................................................            39




BAB V........................................................................................................ ...........             40
5.1 Kesimpulan.......................................................................................................             40
   5.1.1 Hasil Analisa Aspek Ekonomi memiliki kemampuan..................................             40
   5.1.2 Hasil Analisa Aspek Sosial memiliki Kemampuan......................................             40
   5.1.3 Hasil Analisa Aspek Politik memiliki Kemampuan......................................             41
5.2 Saran................................................................................................................             41


DAFTAR PUSTAKA ...............................................................................................             42





BAB I


1.1 LATAR BELAKANG

Gaya hidup modern global mempengaruhi kebiasaan dan kebutuhan manusia. Perkembangan teknologi dunia yang berkembang pesat mempermudah akses informasi melalui berbagai media sosial yang terdapat pada perangkat mobile yang dimiliki. Dengan era globalisasi yang sangat dinamis tersebut menimbulkan persaingan yang sangat ketat dalam perusahaan-perusahaan. Tidak terkecuali untuk perusahaan makanan dan minuman.

Disahkannya Undang Undang MEA merupakan tantangan bagi perusahaan – perusahaan di Indonesia, yang mana investor Asean bebas mendirikan bisnis di Indonesia tanpa melalui agen perusahaan perantara di Indonesia. Industri makanan dan minuman di Indonesia memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia.  Data yang ada menujukkan bahwa pertumbuhan, dan nilai investasi di sektor pangan selalu meningkat dalam beberapa kurun waktu terakhir.

Oleh sebab itu industri makanan dan minuman Indonesia perlu merapatkan barisan untuk memperkuat daya saing, sekaligus menciptakan iklim bisnis yang sehat.  Sebgai negara dengan populasi ke-4 terbesar di dunia serta pertumbuhan kelas menengah yang tinggi, pasar makanan dan minuman Indonesia sangat menjanjikan dan paling diminat untuk investasi.

Bisnis restoran cepat saji di Indonesia didominasi oleh restoran cepat saji milik Amerika Serikat.  Kebijakan pemerintah Indonesia bahwa semua perusahaan asing di luar Asen yang membuka usaha di Indonesia harus memiliki agen perusahaan yang merupakan badan usaha yang berbadan hukum di Indonesia.  Adalah PT. Sari Burger Indonesia selaku anak perusahaan PT. Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) yang merupakan pemegang lisensi restoran cepat saji Burger King di Indonesia.

1.2       Rumusan Masalah
1.2.1     Bagaimana analisa aspek pasar pada PT. Sari Burger Indonesia?
1.2.2     Bagaimana analisa aspek pemasaran pada PT. Sari Burger Indonesia?
1.2.3     Bagaimana analisa aspek teknis pada PT. Sari Burger Indonesia?
1.2.4     Bagaimana analisa aspek produksi pada PT. Sari Burger Indonesia?
1.2.5     Bagaimana analisa aspek manajemen pada PT. Sari Burger Indonesia?
1.2.6     Bagaimana analisa aspek manajemen sumber daya manusia pada PT. Sari Burger Indonesia?
1.2.7     Bagaimana analisa aspek keuangan pada PT. Sari Burger Indonesia?
1.2.8     Bagaimana analisa aspek lingkungan pada PT. Sari Burger Indonesia?
1.2.9     Bagaimana analisa aspek ekonomi pada PT. Sari Burger Indonesia?
1.2.10  Bagaimana analisa aspek sosial pada PT. Sari Burger Indonesia?
1.2.11  Bagaimana analisa aspek politik pada PT. Sari Burger Indonesia?

1.3       Tujuan Analisa
1.3.1     Untuk mengetahui analisa aspek pasar pada PT. Sari Burger Indonesia.
1.3.2     Untuk mengetahui analisa aspek pemasar pada PT. Sari Burger Indonesia.
1.3.3     Untuk mengetahui analisa aspek teknis pada PT. Sari Burger Indonesia.
1.3.4     Untuk mengetahui analisa aspek produksi pada PT. Sari Burger Indonesia.
1.3.5     Untuk mengetahui analisa aspek manajemen pada PT. Sari Burger Indonesia.
1.3.6     Untuk mengetahui analisa aspek manajemen sumber daya manusia pada PT. Sari Burger Indonesia.
1.3.7     Untuk mengetahui analisa aspek keuangan pada PT. Sari Burger Indonesia.
1.3.8     Untuk mengetahui analisa aspek lingkungan pada PT. Sari Burger Indonesia.
1.3.9     Untuk mengetahui analisa aspek ekonomi pada PT. Sari Burger Indonesia.
1.3.10  Untuk mengetahui analisa aspek sosial pada PT. Sari Burger Indonesia.
1.3.11  Untuk mengetahui analisa aspek politik pada PT. Sari Burger Indonesia.







1.4      Kegunaan Penelitian
1.4.1     Kegunaan sebagai kegiatan pembelajaran umumnya dan penilaian mata kuliah studi kelayakan bisnis secara khusus.
1.4.2     Sebagai bahan referensi studi kepustakaan, untuk menambah referensi dan wawasan guna melakukan penelitian atau studi lainnya.
1.4.3     Bagi perusahaan menjadi analisa bidang pasar, pemasaran, teknis, produksi, manajemen, manajemen sumber daya manusia, keuangan, lingkungan, ekonomi, bidang sosial dan bidang politik atas bisnis yang dilakukan.


     
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA


2.1            Definisi perusahaan
Pengertian Perusahaan Menurut Para Pakar, sebagai berikut:
Menurut Molengraaff, Pengertian Perusahaan adalah keseluruhan perbuatan yang dilakukan secara terus-menerus, untuk memperoleh penghasilan, bertindak keluar, dengan cara memperdagangkan, menyerahkan atau mengadakan perjanjian-perjanjian perdagangan. Pengertian perusahaan disini tidak mempersoalkan tentang perusahaan sebagai badan usaha, namun justru perusahaan sebagai perbuatan, jadi terkesan hanya meliputi kegiatan usaha.
Pemerintah Belanda pada waktu membacakan rencana undang-undang WvK di muka parlemen, menerangkan bahwa Pengertian Perusahaan ialah keseluruhan dari perbuatan, yang dilakukan secara tidak terputus-putus, dalam kedudukan tertentu, dengan terang-terangan dan untuk mencari keuntungan (laba). Rumusan pengertian perusahaan yang diberikan oleh pemerintah Belanda ini amat luas, sebab pekerjaanpun masuk di dalamnya.
Menurut Polak, Pengertian Perusahaan dari sudut komersil artinya baru dikatakan perusahaan apabila diperlukan perhitungan laba rugi yang dapat diperkirakan dan dicatat dalam pembukuan. Yang dimaksud dengan Laba adalah tujuan utama dari  setiap perusahaan, jika tidak demikian berarti bukan perusahaan dan tidak mempersoalkan perusahaan sebagai badan usaha.
Pengertian Perusahaan Menurut Undang-undang Nomor 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan, sebagai berikut :
Ø   Pengertian Perusahaan merupakan setiap bentuk usaha yang menjalankan setiap jenis usaha yang bersifat tetap, terus menerus dan yang didirikan, bekerja serta berkedudukan dalam wilayah negara Republik Indonesia yang bertujuan memperoleh keuntungan (laba).
Ø   Pengertian Usaha adalah setiap tindakan, kegiatan atau perbuatan apapun dalam bidang perekonomian yang dilakukan oleh setiap pengusaha untuk tujuan memperoleh keuntungan (laba).
Ø   Pengertian Pengusaha adalah setiap orang atau persekutuan atau badan hukum yang menjalankan suatu jenis perusahaan.


Dengan demikian pengertian perusahaan seperti yang diungkapkan di atas menurut undang-undang meliputi bentuk usaha (company) dan sekaligus juga sebagai jenis usaha (business). Jadi dapat disimpuLkan bahwa,Pengertian Perusahaan adalah badan usaha yang menjalankan kegiatan di dalam bidang perekonomian (keuangan, industri dan perdagangan), yang dilakukan secara terus-menerus atau teratur, dengan terang-terangan dan dengan tujuan memperoleh keuntungan (laba). 
Badan usaha yang dimaksud dapat dijalankan oleh perorangan, persekutuan atau badan hukum. Disamping itu berdasarkan undang-undang No.8, setiap perusahaan diwajibkan untuk membuat catatan keuangan yang disimpan selama 10 tahun terhitung sejak akhir tahun buku perusahaan yang bersangkutan.
Demikianlah ulasan mengenai pengertian perusahaan menurut para pakar, semoga tulisan saya mengenai pengertian perusahaan menurut para pakar dapat bermanfaat.
Istilah bisnis (Perusahaan) kecil bukan suatu definisi yang mudah diuraikan restoran dan salon potong rambut yang dimiliki dan dioperasikan secara lokal termasuk bisnis-bisnis berskala kecil, sementara perusahaan –perusahaan raksasa seperti Sony, Caterpillar, dan Eastman Kodak merupakan bisnis-bisnis berskala besar (92)(business 8th Edition) Ricky W. Griffin, Ronald J.Erbert Erlangga 2007, Jakarta.

2.2            Study kelayakan bisnis
2.2.1.         Aspek pasar
Definisi pasar menurut Stanton : kumpulan orang-orang yang memiliki keinginan untuk berbelanja,uang untuk belanja,dan kemauan untk membelanjakannya.
Menyangkut apakah ada peluang pasar untuk produk yang akan dihasilkan oleh kegiatan usaha kita, dengan melihat hal-hal berikut :
·      Potensi pasar
·      Jumlah konsumen potensial, konsumen yang mempunyai keinginan atau hasrat untuk membeli.
·       Tentang perkembangan/pertumbuhan penduduk 
·      Daya beli, kemampuan konsumen dalam rangka membeli barang mencakup tentang perilaku



Bentuk Pasar dari sisi produsen yaitu:
·      Pasar persaingan sempurna : pembeli dan penjualnya banyak, barang yang dijual homogen dan pangsa pasar terkotak-kotak/kecil karena relatif tidak ada persaingan harga ditentukan oleh demand dan supply. Contoh : beras,sayuran, dll.
·      Pasar monopoli : jumlah penjual hanya satu, hak monopoli bisa diperoleh karena alasan; penguasaan bahan mentah,Penguasaan teknik produksi,Perolehan hak paten. Contoh : bensin.
·      Pasar oligopoly : jumlah produsennya lebih dari satu namun terbatas dikarenakan membutuhkan investasi yang besar. Contoh : meskapai penerbangan, PO, dll.
·      Pasar persaingan monopolistik  : jumlah produsennya banyak dan barangnya heterogen dalam konteks terdeferensiasi (sama produk, beda merk). Contoh: sabun, pasta gigi, dll

Jenis pasar dilihat dari segi konsumen
·      Pasar konsumen  : pasar untuk barang/jasa yang dijual kepada konsumen akhir untuk langsung digunakan dalam kegiatan konsumsi. Contoh bakso, mie ayam,dll.
·      Pasar produsen : pasar untuk barang yang dijual atau disewakan kepada konsumen untuk digunakan dalam proses paroduksi lebih lanjut. Contoh : kain,tepung,dll.
·      Pasar penjual kembali : suatu unit pasar yang bisa berupa agen pedagang eceran, distributor,grosir,dll.
·      Pasar pemerintah : pasar yang menjual barang-barang yang dibeli oleh unit-unit pemerintah dalam rangka menjalankan tugaas pemerintah. conotoh : percetakan buku untuk BOS.

Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats) dalam suatu spekulasi bisnis. Yang dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan yang terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan ancaman baru.

Melakukan analisis
·      Analisis regresi
·      Analisis deret waktu
·      Analisis rantai markov


2.2.2.         Aspek pemasaran
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu-individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan penawaran  dan pertukaran produk/nilai dengan pihak lain.

Tujuan perusahaan dalam pemasaran :
1.  Untuk meningkatkan penjualan dan laba
2.  Untuk menguasai pasar
3.  Untuk mengurangi persaingan
4.  Untuk menaikkan prestise produk tersebut di pasar
5.  Untuk memenuhi permintaan pihak-pihak tertentu
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
Aspek pemasaran merupakan faktor strategis atau kunci dari keberhasilan perusahaan, jika permintaan terhadap produk/jasa yang dibuat kurang memadai seluruh kegiatan aspek-aspek yang lain tidak akan terwujud. Jika prospek permintaan terhadap permintaan produk lebih kecil dari peawarannya maka sitem produksi produk tersebut tidak layak dilaksanakan. Jika market space masih tersedia maka perlu diselidiki apakah pasar masih mampu menampung produk baru yang direncanakan. Untuk mengetahui potensi permintaan dan penawaran terhadap suatu barang atau jasa, perlu dilakukan penelitian yang mendalam tentang perkembangan permintaan dan jumlah pemasoknya. Perkembangan permintaan dapat diduga melalui perubahan pendapatan, selera dan tingkah laku konsumen dalam membeli barang dan jasa tersebut.
Pasar Sasaran
Selama ini terlihat gejala semakin banyak perusahaan memilih pasar sasaran yang akan dituju, keadaan ini dikarenakan mereka menyadari bahwa pada dasarnya mereka tidak dapat melayani seluruh pelanggan dalam pasar tersebut. Terlalu banyaknya pelanggan, sangat berpencar dan tersebar serta bervariatif dalam tuntutan kebutuhan dan keinginannya. Jadi arti dari pasar sasaran adalah: Sebuah pasar terdiri dari pelanggan potensial dengan kebutuhan alau keinginan tertentu yang mungkin maupun mampu untuk ambil bagian dalam jual beli, guna memuaskan kebutuhan atau keinginan tersebut.
Karena konsumen yang terlalu heterogen (keadaan yang mempunyai latar belakang beragam seperti, suku, ras, agama dll)  itulah maka perusahaan perlu mengkelompokkan pasar menjadi segmen-segmen pasar, lalu memilih dan menetapkan segmen pasar tertentu sebagai sasaran. Dengan adanya hal ini, maka perusahaan terbantu untuk mengidentifikasi peluang pasar dengan lebih baik, dengan demikian perusahaan dapat mengembangkan produk yang tepat, dapat menentuan saluran distribusi dan periklanan yang sesuai dan efisien serta mampu menyesuaikan harga bagi barang atau jasa yang ditawarkan bagi setiap target pasar.
Pasar sasaran (Target Market) adalah: Sekelompok konsumen atau pelanggan yang secara khusus menjadi sasaran usaha pemasaran bagi sebuah perusahaan.
Dalam menerapkan pasar sasaran, terdapat tiga langkah pokok yang harus diperhatikan, yaitu:
1.  Segmentasi (Segmentasi Pasar)
2.  Targetting (Penetapan Pasar Sasaran)
3.  Positioning (Penempatan Produk.)

2.2.3.         Aspek teknik
Menyangkut pemilihan lokasi, alat-alat, yang sesuai dengan hasil yang diinginkan, lay out, dan pemilihan teknologi yang sesuai.

2.2.4.         Aspek produksi
Aspek produksi dalam kewirausahaan
·      Menentukan produk yang akan dihasilkan/dipasarkan, berdasarkan kebutuhan yang ada
·      Menentukan jumlah produk
·      Menentukan kualitas produk

Kualitas Produk
Kualitas merupakan karakteristik produk yang bergantung pada kemampuan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan yang dinyatakan atau tersirat. Salah satu cara untuk menguji kualitas produk adalah dengan membandingkannya dengan produk pesaing. Hal-hal yang harus diperbandingkan dan diketahui, diantaranya :
a.  Kualitas produk Anda  dengan kualitas produk  pesaing
b.  Harga produk  Anda dengan harga produk pesaing
c.   Pesaing paling potensial bagi  produk anda, yaitu pesaing  yang produknya mirip dengan produk Anda
d.  Kelemahan produk Anda dibandingkan dengan produkpesa
e.  Pangsa (persentase) pasar produk anda dengan produk lainnya.

Ada dua hal  yang diperhatikan dalam pengelolaan persediaan :
1.  Sistem kualitas (quality system), akan mempengaruhi kualitas dari hasil produksi. Oleh sebab itu perlu dilakukan perencanaan standarisasi kualitas bahan baku pada  saat awal pembelian.
2.  Jumlah yang dibeli akan berpengaruh pada biaya yang akan timbul karena jumlah pembelian bahan baku yang terlalu besar atau sedikit.

Untuk mengetahui jumlah kebutuhan daar bahan baku, kita perlu mengetahui cara pembelian bahan baku. Ada beberapa cara pembelian bahan baku,antara lain:
·      Pembelian dilakukan secara langsung untuk seluruh kebutuhan bahan baku proses produksi. Pembelian dengan cara seperti ini berarti :
a.  Biaya pembelian sangat tinggi
b.  Jangka waktu persediaan cukup  lama untuk dihasilkan
c.    Lebih terjamin dan aman

·      Melakukan pembelian secara berulang-ulang. Dengan cara pembelian ini berarti :
a.  Biaya pembelian bisa lebih efisien dan efektif
b.  Jangka waktu pembelian lebih terencana
c.   Produksi belum tentu terjamin dengan baik, karena bisa terjadi ketidaksesuaian kebutuhan antara rencana pembelian dan kenyataan. Faktor yang bisa mengganggu diantaranya adalah kesalahan manusia, perubahan cuaca yang akan menghambat pengiriman, dan keterlambatan pengiriman dari pemasok. Permasalahan yang akan timbul adalah bisa terhentinya proses terhentinya proses produksi karena ketiadaan bahan baku.

Pentingnya penyimpanan produk,  antara lain untuk :
1.  Memaksimalkan pelayanan  kepada pelanggan
2.  Memaksimalkan efisiensi pembelian dan produksi
3.  Meminimalkan investasi persediaan
4.  Memaksimalkan profit


Biaya –biaya yang timbul dalam mengatur persediaan produk, antara lain :
1.  Biayapenyimpanan,t erdiridari : modal, keuangan, asuransi, pajak, pencurian
2.  Biaya pemesanan/pembelian, terdiri dari : biaya ekspedisi, telepon, inspeksi, surat, pengepakan
3.  Biaya penyiapan, terdiri dari : biaya mesin nganggur, persiapan tenaga kerja, penjadwalan.
4.  Biaya kehabisan bahan, terdiri dari : biaya kehilangan penjualan, pemesanan khusus.

2.2.5.         Aspek manajemen
Aspek manajemen dan organisasi adalah aspek yang sangat vital dalam suatu usaha. Karena usaha yang akan atau sedang dirintis mungkin saja akan mengalami kegagalan jika manajemen dan organisasi tidak berjalan dengan baik. Proses manajemen sendiri juga terdapat kaidah-kaidah agar suatu usaha bisa berjalan lebih mudah. Dan kaidah-kaidah (aturan) itu sendiri bisa tergambar jelas melalui fungsi-fungsi manajemen berikut:
1.  Perencanaan (Planning)
Perencanaan dalah proses untuk menentukan kemana dan bagaimana suatu usaha akan dijalankan atau dimulai untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.
2.  Pengorganisasian (Organizing)
Pengorganisasian adalah proses untuk mengelompokkan kegiatan-kegiatan dalam unit-unit tertentu agar jelas dan teratur sesuai dengan tanggung jawab dan wewenang si pemegang unit.
3.  Pelaksanaan (Actuating)
Pelaksanaan adalah proses dimana semua hal yang terencana telah dimulai oleh seluruh unit. Seperti seorang manajer yang mengerahkan seluruh bawahannya untuk memulai pekerjaan sesuai dengan tugas yang telah ditetapkan kepadanya.

4.  Pengawasan (Controlling)
Pengawasan adalah proses untuk mengukur, menilai dan mengevaluasi hasil pekerjaan agar tetap sesuai dengan rencana awal dan mengoreksi berbagai penyimpangan selama proses pelasanaan kerja.

2.2.6.         Aspek manajemen manusia
Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan suatu konsep yang berkaitan dengan kebijaksanaan, prosedur dan praktek bagaimana mengelola atau mengatur orang dalam perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Uraian Jabatan memuat :
·      Identitas jabatan
·      Fungsi jabatan
·      Uraian tugas
·      Wewenang
·      Tanggung jawab
·      Hubungan kerja
·      Bahan, alat dan mesin yang digunakan
·      Kondisi kerja

2.2.7.         Aspek ekonomi
Cukup banyak data makro ekonomi yang tersebar di berbagai media yang secara langsung maupun tidak langsung dapat di manfaatkan perusahaan. Data makro ekonomi tersebut banyak yang dapat di jadikan sebagai indicator ekonomi yang dapat diolah menjadi informasi penting dalam rangka studi kelayakan bisnis ,misalnya:
pdb, investasi,kurs valuta asing, kredit perbankan, anggaran pemerintah, penganggaran pembangunan, perdagangan luar negeri, dan neraca pembayaran.

Hambatan di Bidang Ekonomi
Pelaksanaan pembangunan ekonomi terus di laksanakan dalam rangka menaikkan atau paling tidak mempertahankan pendapatan yang telah di capai bagi Indonesia, masih banyak tantangan dan hambatan yang di hadapi, sehingga tidaklah mudah untuk melaksanakan pembangunan ekonomi yang juga berdampak padaaspek sosialdan politik, ada beberapa penghambat, diantaranya.
a.  Kebijakan Bisnis dari Pemerintah
Kebijakan produksi, terdiri atas:
1.  Subsidi/pajak langsung bagi produsen
2.  Perlindungan harga produksi dan saran produksi
3.  Pengaturan penggunaan sarana produksi

b.  Pertumbuhan Penduduk
Besarnya pengangguran, hal ini di sebabkan karena banyaknya tenaga kerja yang pindah dari desa ke kota ,dan kota tak mampu menampung tenaga mereka karena kurang nya factor produksi lain untuk mengimbangi nya sehingga terjadi nya pengangguran itu.
Tekanan penduduk yang berat, hal ini di sebabkan antara naik nya rata-rata umur manusia di barengi dengan masih besar nya persentase kenaikan jumlah penduduk yang makin lama makin membebani sumber daya lain untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Produktivitas rendah,ini di sebabkan oleh kualitas manusia dan sumber alam yang relative kurang menguntungkan.
Besar nya ketimpangan distribusi pendapatan, misalnya keuntungan lebih banyak di miliki oleh sebagian kecil golongan tertentu saja.

c.   Pendapatan Nasional dan Pendapatan Perkapita
Kapital sedikit , ini di sebabkan oleh rendah nya produktivitas tenagakerja yang berakibat pada rendah nya pendapatan Negara, sehingga tabungan sebagai sumber capital juga rendah .
Kebijakan perdagangan dalam negri,terbagi atas:
1.      Pajak penjualan,retribusi,dan kewajiban pembayaran lain nya.
2.      Pengaturan distribusi barang
3.      Pengaturan (stabilisasi) harga

Memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat. kegiatan usaha yang dapat di kerjakan oleh tenaga kerja local tidak perlu di gantikan oleh tenaga kerja asing.
Menggunakan sumber daya local sumber daya lokalmisal nya bahan baku.komponen bahan baku produk local jika di manfatkan (dengan catatan kualitas cukup layak sesuai standart) untuk proses produksi

d.  Invstasi dari Pihak Lain
Sisi nilai investasi pertenaga kerja.penialaian berikut nya adalah bahwa proyek mampu meningkat kan kesempatan kerja. salah satu cara mengukur proyek padat modal atau padat karyaadalah dengan berbagai investasi (modal tetap+modal kerja) dengan jumlah tenaga kerja yang terlibat sehingga di dapat nilai investasi pertenaga kerja.

e.  Pertumbuhan Industri
Dengan adanya proses bisnis yang baru , di harapkan tumbuh industry lain baik yang sejenis atau industry pendukung lainnya. seperti industry bahan baku maupun industry sebagai dampak positif adanya kegiatan ekonomi di daerah tersebut.
·      Menumbuhkan industry lain  dengan adanya proses bisnis yang baru di harapkan tumbuh industry lain baik yang sejenis atau industry pendukung lainnya. seperti industry bahan baku maupun industry sebagai dampak positif adanya kegiatan ekonomi di daerah tersebut.
·      Turut menyediakan kebutuhan konsumen dalam negri sesuai dengan kemampuan. Sebagian sudah di jelaskan di atas bawah produk yang di hasilkan atas usaha tersebut dapat memnuhi kebutuhan dalam negri sehingga jika mencukupi tidaklah perlu mengadakan impor yang sudah tentu akan menguras devisa.

f.    Kurs Valuta Asing
·      Menghasilkan dan menghemat devisa penggunaan bahan baku yang di ambil dari produk local berarti mengurangi penggunaan bahan impor.
·      Menambah pendapatan nasional. Sudah jelas bahwa dengan bertumbuh nya bisnis di dalam negeri misalnya:dengan diproduksi nya produk yang di konsumsi secara baik di dalam negri, maka impor atas produk Dan komponen imputnya berkurang atau bahkan di tiadakan sama sekali.

g.  Kredit Perbankan
Sisi distribusi nilai tambah maksudnya adalah agar proyek yang akan di bangun memiliki nilai tambah, nilai tambah hendak nya dapat di hitung secara kuantitatif. dalam perhitungan tersebut, agar lebih mudah, dapat di asumsikan bahwa proyek dapat berproduksi dengan kapasitas normal.
Dalam proses persetujuan perkreditan dari bank diperlukan rekomendasi yang menyatakan bahwa proyek tersebut layak, maka diperlukan SKB

h.  Anggaran Pemerintah
Pengertian Anggaran Sektor Publik
Anggaran publik berisi rencana kegiatan yang direpresentasikan dalam bentuk rencana perolehan pendapatan dan belanja dalam satuan moneter. Dalam bentuk yang sederhana anggaran sektor publik merupakan suatu dokumen yang menggambarkan kodisi keuangan dari suatu organisasi yang meliputi informasi mengenai pendapatan, belanja dan aktivitas. Anggaran berisi estimasi mengenai apa yang akan dilakukan organisasi di masa yang akan datang.

Secara singkat anggaran publik merupakan suatau rencana finansial yang menyatakan :
1.  Berapa biaya-biaya atas rencana yang telah dibuat
2.  Berapa banyak dan bagaimana cara memperoleh uang untuk mendanai rencana-rencana tersebu.
Pentingnya Anggaran Sektor Publik
Anggaran sektor publik dibuat untuk membantu menentukan tingkat kebutuhan masyarakat seperti listrik, air bersih, kualitas kesehatan, pendidikan dsbnya agar terjamin secara layak. Tingkat kesejahteraan masyarakat dipengaruhi oleh keputusan yang dibuat pemerintah melalui anggran yang dibuat. 

Proses Penyusunan Anggaran Sektor Publik
APBD/APBN yang dipresentasikan setiap akhir tahun dihadapan DPRD/DPR memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang program yang direncanakan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan darimana program tersebut dibiayai. Proses penyusunan anggaran mempunyai 4 tujuan :
·                Membantu pemerintah mencapai tujuan dan meningkatkan koordinasi antar bagian dalam lingkungan pemerintah
·                Membantu menciptakan efisiensi dan keadilan dalam menyediakan barang dan jasa publik melalui proses pemrioritasan
·                Memungkinkan pemerintah untuk memenuhi prioritas belanja
·                Meningkatkan transparansi dan pertanggungjawaban pemerintah kepada DPRD/DPR dan masyarakat luas.

i.    Penganggaran Pemerintah
Penganggaran pada sektor publik terkait dengan proses penentanjumlah alokasi dana untuk tiap-tiap program dan aktivitas dalam satuan moneter. Proses penganggaran sektor publik dimulai ketika perumusan staretgi dan perencanaan strategik selesai dilakukan. Anggaranmerupakan artikulasi dari perumusan dan perencanaan strategi yang dibuat. Aspek-aspek yang harus dicakup dalam anggaran sektor publik :
·                Aspek perencanaan
·                Aspek pengendalian
·                Aspek akuntabilitas

j.    Perdagangan Luar Negeri
Nilai perdagangan luar negri yang rendah, ini di sebabkan Negara miskin mengandalkan ekspor bahan mentah yang mempunyai elastisitas penawaran permintaan atas perubahan harga yang inelastis ,dalam jangka panjang mengakibatkan kerugian.
Kebijakan perdagangan luar negri terbagi 2 instrumen yaitu:
1.  Instrumen tarif,terdiri atas:pajak impor,pajak ekspor,dan subsidi ekspor
2.  Instrumen non-tarif ,terdiri atas dua batasan yaitu: pembatasan kualitatif dan pembatasan kuantitatif.

k.   Neraca Pembayaran
Neraca pembayaran adalah suatu pembukuan yang menunjukkan aliran pembayaran yang dilakukan dari negara-negara lain ke dalam negeri, dan dari dalam negeri ke negara-negara lain. Pembayaran-pembayaran yang dilakukan tersebut meliputi:
1.  penerimaan dari ekspor dan pembayaran untuk impor barang dan jasa;
2.  aliran masuk penanaman modal asing dan pembayaran penanaman modal ke luar negeri; dan
3.  aliran ke luar dan lairan masuk modal jangka pendek (seperti mendepositkan uang di luar negeri).

Dengan demikian, sama halnya dengan masalah pengangguran dan inflasi, masalah defisit dalam neraca pembayaran dapat menimbulkan efek yang buruk ke atas prestasi kegiatan ekonomi dalam jangka pendek dan jangka panjang. Oleh karenanya setiap negara harus berusaha menghindari berlakunya defisit dalam neraca pembayaran.
Neraca pembayaran memberikan beberapa informasi penting mengani hubungan ekonomi di antara satu negara dengan negara-negara asing. Neraca pembayaran akan memberikan informasi mengenai nilai dan perkembangan ekspor dan impor. Ekspor dan impor adalah kegiatan yang selalu dilakukan setiap negara dan sampai di mana peranan kegiatan tersebut dalam perekonomian dapat diamati dari perkembangan neraca pembayaran.










2.2.8.   Aspek sosial
Tujuan utama perusahaan adalah mencari keuntungan yang sebesar-besar nya .namun demikian,perusahaan tidak dapat hidup sendirian, perusahaan hidup bersama-sama dengan komponen lain, salah satu komponen lain yang di maksud adalah lembaga social sehingga dalam rangka keseimbangan tadi, hendak nya perusahaan memiliki tanggung jawab social.
1.     Interaksi Sosial
Perusahaan sebagai lembaga social. Sebuah perusahaan memiliki tugas melaksanakan bermacam-macam kegiatan dalam waktu bersamaan. misalnya: manufaktur, bahan baku, mendistribusikan kepasar, dan lain-lain. Untuk merealisasikan kegiatan perusahaan tidaklah mudah, di sana sering timbul ancaman-ancaman sekaligus peluang-peluang yang datang dari lingkungan, baik eksternal maupun internal.

2.     Perubahan kondisi social yang komplek
Perubahan kondisi social yang kompleks pemecatan karyawan karena berbagai alasan ,seperti misal nya:karena keryawan mabuk-mabukan atau perusahaan mengalami kemerosotan keuntungan,hal yang biasa pada masa lalu.tindakan seperti ini akan mengakibatkan terganggunya keseimbangan dalam bidang social yang kompleks dalam perusahaan.di sebabkan karena semakin membaik peraturan perundang-undangan pemerintah,meningkatnya kualitas sdm, dan lain-lain.

3.     Perubahan dalam masyarakat pluralistics
Perubahan dalam masyarakat yang pluralistic masyarakat pluralistic adalah sebuah kehidupan berbagai kelompok yang mempengaruhi lingkungan perusahaan dalam mendapatkan harapan-harapan social,ekonomi dan politik.,masing-masing kelompok berusaha mengembangkan diri supaya fungsi system itu efektif. Berkaitan dengan yang di atas, hendak nya bisnis memiliki manfaat-manfaat social yang hendak nya diterima oleh masyarakat, seperti:
a.  Membuka lapangan kerja baru, maksudnya di bukakan proyek bisnis akan menggairahkan masyarakat sekitar untuk turut serta membuka lapangan kerja baru.
b.     Melaksanakan alih teknologi maksudnya dengan dilakukan nya alih tekhnologi ini kapada pekerja dengan berbagai cara pelatihan yang terprogram dengan baik maka di harapkan tidak meningkatkan “skil” pekerja tetapi juga sikap mental sebagai tenaga kerja yang andal semakin kokoh.
c.      Meningkatkan mutu hidup sudah tentu, adanya proyek bisnis turut serta mengurangi angka pengangguran.
d.     Pengaruh positif proyek bisnis hendak nya dapat berpengaruh positif pada masyarakat sekitar,tidak hanya berdampak pada meningkatnya atau semakin baiknya kondisi lingkungan fisik, seperti jalan, jembatan, dan telepon tetapi juga kondisi lingkungan fisikis mereka.


2.2.9.      Aspek politik
1.     Adanya isu, rumor, spekulasi yang timbul akibat kondisi politik yang di ciptakan pemerintah akan mempengaruhi permintaan dan penawaran suatu produk, baik itu barang maupun jasa. Dalam menganalisis kelayakan bisnis hendak nya aspek politik perlu pula dikaji untuk untuk memperkirakan bahwa situasi politk saat bisnis di bangun dan di implementasikan tidak akan sangat mengganggu sehingga kajian menjadi layak,situasi politik dapat di ketahui melalui berita-berita dan media massa. Berita tersebut terbagi dua: good news dan bad news.di dalam bisnis good news di maknai dengan berita-berita yang dapat di terima pelaku pasar tentang berbagai factor atau kondisi suatu

Negara yang berhubungan dengan dunia investasi, yang di nilai mendukung dan memiliki potensi mendatangkan keuntungan bagi dunia investasi.
Bad news , di sisi lain di maknai sebagai berita yang di terima pelaku pasar tentang berbagai factor atau kondisi suatu Negara yang berhubungan dengan dunia investasiyang di nilai tidak mendukung dan memiliki potensi mendatangkan kerugian bagi dunia investasi. bad news di hindari pasar karena dampaknya merugikan dan mengancam dunia investasi.praktek nya menyelewengkan dan menyalah gunakan kekuasaan yang di lakukan oleh oknum pemerintah dalam menjalankan tugas mereka di nilai pasar sebagai bad news karena mengancam keamanan modal dan usaha mereka., kekacauan politik juga dapat mendorong lahirnya kondisi politik juga dapat mendorong lahirnya kondisi social yang tidak aman. Jadi, jelas bahwa aspek politik pemerintah secara langsung ataupun tidak langsung berpengaruh pada dunia bisnis.makin kacau politik suatu daerah atau Negara berdampak makin kacau pula dunia bisnis di daerah atau Negara tersebut.dan begitu pula sebalik nya.contoh ny:di bawah ini di rangkum beberapa berita good news dan bad news mengenai peristiwa politik dan social di Indonesia saat mana terjadi krisis multi dimensi serta kondisi bisnis ,misal nya:kurs mata uang yang terjadi bersamaan dengan pristiwa-pristiwa tersebut. kiranya, berdasarkan fakta tersebut dapat di fahami bahwa sedikit-banyak nya situasipolitik berperan terhadap kondisi bisnis.

2.     Penyelenggaraan Pemerintahan
Peraturan Perundang-undangan yang menjadi landasan bagi transaksi bisnis
·      Buku III Kitab Undang-Undang Hukum Perdata tentang Perikatan
·      Kitab Undang-Undang Hukum Dagang
·      Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1997 tentang Dokumen Perusahaan
·      Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1995 sebagaimana telah dubah menjadi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas
·      Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian
·      Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan
·      Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2001 tentang Paten
·      Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek
·      Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2000 tentang Rahasia Dagang
·      Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 tentang Desain Industri
·      Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat
·      Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen
·      Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang

3.     Kerjasama Pemerintah
Kebijakan pemerintah sekarang ini harus realistis. Melihat berbagai kenyataan yang ada maka, berbagai pertimbangan dalam diri kita harus muncul. Mengerti dan memahami hakekat dari keluarnya kebijakan tersebut harus diketahui terlebih dahulu. Misalnya, apa yang menyebabkan keluarnya kebijakan tersebut, mengapa kebijakan tersebut yang harus diambil oleh pemerintah, dan apa dampaknya terhadap masyarakat.
Contoh lain dari kebijakan yang dinilai dapat membantu masyarakat adalah proyek-proyek yang diadakan oleh pemerintah. katakanlah pemerintah mengadakan proyek membangun jalan raya. Dalam proyek ini pemerintah membutuhkan buruh dan pekerja lain untuk menyelesaikannya. Dengan kata lain proyek ini menyerap SDM sebagai tenaga kerja. Hal ini membuat pendapatan orang yang bekerja di situ bertambah. Dengan bertambahnya pendapatan mereka akan terjadi efek yang sama dengan BLT tadi


2.2.10.   Aspek hukum
Menyangkut semua legalitas rencana bisnis yang akan kita laksanakan yang meliputi ketentuan hukum yang berlaku diantaranya :
·       Izin lokasi
·      Akte pendirian perusahaan dari notaris setempat PT/CV atau berbentuk badan  hukum lainnya.
·      NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
·      Surat tanda daftar perusahaan
·      Surat izin tempat usaha dari pemda setempat
·      Surat tanda rekanan dari pemda setempat
·      SIUP setempat

2.2.11.   Aspek lingkungan
Aspek lingkungan industri
Mengarah kepada spek persaingan dimana bisnis perusahaan berada
·      Ancaman masuk pendatang baru
·      Persaingan sesama perusahaan di dalam industrinya
·      Ancaman dari produk pengganti
·      Kekuatan tawar menawar pembeli
·      Kekuatan tawar menawar pemasok
·      Pengaruh kekuatan stakeholder lainnnya

Aspek lingkungan hidup
Mengacu pada analisis AMDAL
aspek lingkungan dalam SKB mengacu pada Analisis Mengenai Dampak Lingkungan ( AMDAL ) yang disusun  oleh konsultan AMDAL. Di Indonesia AMDAL dikenal sejak 1985-an.
AMDAL adalah analisis mengenai dampak suatu proyek (kegiatan ) terhadap lingkungan hidup.
Tujuan dilakukan AMDA  terutama adalah  agar kualitas lingkungan  dapat terjaga dengan baik dan  tidak mengalami  kerusakan dengan berdirinya proyek. Contoh pencemaran lingkungan

2.2.12.   Aspke keuangan
Menyangkut sumber dana yang akan diperoleh dan proyeksi pengembaliannya dengan tingkat biaya modal dan sumber dana yang bersangkutan. Perencanaan Investasi merupakan suatu langkah dalam menetukan sumber pendanaan dengan memperhitungkan tingkat penggantian dari Investasi yang akan dilakukan di dalam Studi Kelayakan Bisnis. Penilaian investasi yang mencakup Payback Period, Net Present Value,Profitability Index, Internal Rate of Return dan Break Even Point.





2.3       Kerangka Berpikir




                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    BAB III

METODOLOGI ANALISA


3.1  Metodelogi

Studi klayakan bisnis dalam metodelogi ini, menggunakan metode penelitian campura Penelitian ini merupakan suatu langkah penelitian dengan menggabungkan dua
bentuk penelitian yang telah ada sebelumnya yaitu penelitian kualitatif dan penelitian
kuantitatif. Brog and Gall (1989) menyatakan;

“Metode kuantitatif dan kualitatif sering dipasangkan dengan nama metode yang tradisional, dan metode baru; metode positivistik dan metode postpositivistik; metode scientific dan metode artistic, metode konfirmasi dan temuan; serta kuantitatif dan intrpretif. Jadi metode kuantitatif sering sering dinamakan metode tradisional, positivistik, scientific dan metode discovery. Selanjutnya metode kulitatif sering di namakan sebagai metode baru, postpositivistik, artistic dan interpretive ways”

Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivism, digunakan untuk meneliti pada poulasi atau sempel tertentu, pengumpulan data berupa instrument peneitian, analisis data bersifat kuantitatif/ statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan.
Metode penelitian kulalitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivistik, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yan alamiah (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana penelitian adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumupulan data dilakukan secara trangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/ kualitatif, dan hasil penelitian kulitatif lebih menekankan dari pada generalissasi.

3.2 Teknik pengumpulan data
3.2.1 Study Kepustakaan
Studi kepustakaan adalah segala usaha yang dilakukan oleh peneliti untuk menghimpun informasi yang relevan dengan topik atau masalah yang akan atau sedang diteliti. Informasi itu dapat diperoleh dari buku – buku  ilmiah, laporan penelitian, karangan – karangan ilmiah, tesis dan disertasi, peraturan – peraturan, ketetapan – ketetapan, buku tahunan, ensiklopedia, dan sumber – sumber tertulis baik tercetak maupun elektronik lain. Teori – teori  yang mendasari masalah dan bidang yang akan diteliti dapat ditemukan dengan melakukan studi kepustakaan.
Teori – teori yang ada dalam penelitian ini yaitu:


3.3 Teknik Analisis Data
3.3.1. Deskriptif
Metode merupakan cara untuk mengungkapkan kebenaran yang objektif. Kebenara tersebut merupakan tujuan, sementara metode itu adalah cara. Penggunaan metode dimaksudkan agar kebenaran yang diungkapkan benar – benar  berdasarkan bukti ilmiah yang kuat. Oleh karena itu, metode dapat diartikan pula sebagai prosedur atau rangkaian cara yang secara sistematis dalam menggali kebenaran ilmiah. Sedangkan penelitian dapat diartikan sebagai pekerjaan ilmiah yang harus dilakukan secara sistematis, teratur dan tertib, baik mengenai prosedurnya maupun dalam proses berfikir tentang materinya (Nawawi dan Martini dalam Prastowo, 2011).


3.3.2. Study Kepustakaan
Studi kepustakaan adalah segala usaha yang dilakukan oleh peneliti untuk menghimpun informasi yang relevan dengan topik atau masalah yang akan atau sedang diteliti. Informasi itu dapat diperoleh dari buku-buku ilmiah, laporan penelitian, karangan-karangan ilmiah, tesis dan disertasi, peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan, buku tahunan, ensiklopedia, dan sumber-sumber tertulis baik tercetakmaupunelektroniklain.
Studi kepustakaan merupakan suatu kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari suatu penelitian. Teori-teori yang mendasari masalah dan bidang yang akan diteliti dapat ditemukan dengan melakukan studi kepustakaan. Selain itu seorang peneliti dapat memperoleh informasi tentang penelitian-penelitian sejenis atau yang ada kaitannya dengan penelitiannya. Dan penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Dengan melakukan studi kepustakaan, peneliti dapat memanfaatkan semua informasi dan pemikiran-pemikiran yang relevan dengan penelitiannya.




  
BAB IV
Hasil Analisis & Pembahasan

4.1              Company Profil
Burger King
Burger King disingkat (BK), adalah rantai Restoran Hamburger restoran makanan cepat saji yang berkantor di unincorporated Miami-Dade County, Florida, Amerika Serikat. Perusahaan ini dimulai tahun 1953 sebagai Insta-Burger King, Jacksonville, Florida di restoran basis rantai. saat Insta-Burger King kesulitan keuangan di tahun 1954, dua waralaba dari kota Miami David Edgerton dan James McLamore, membeli perusahaan dan lalu menamainya Burger King.
Burger King merupakan salah satu restoran terbesar di Amerika. Burger King sempat mengalami permasalahan pada tahun 2002. Tercatat pada tahun 2002, Wendy’s merupakan saingan tererat dari Burger King pada era millennium baru. Bangkrutnya Burger King diikuti dengan tutupnya restoran mereka di beberapa tempat di Amerika. Walapun kenyataannya bahwa pengunjung lebih menyukai makanan Burger King daripada outlet yang lain dan hampir seperempat restoran berada pada. Pendapatan dan laba per outlet menurun, terjadi perdebatan antara perusahaan dan para pemilik franchise. Dibawah kepemilikan konglomerat Inggris, Diageo, para franchiser mengalami kegelisahan.
Desember 2002, Texas Pasific Group (sekarang TPG) bekerja sama dengan Bain Capital dan Golman Sachs, membeli dari Diageo seharga $1.5 miliar. Tetapi hal tersebut belum memberikan “angin segar” untuk Burger King karena perusahaan pusatnya lebih berfokus pada usaha lainnya.
Tahun 2006, Burger King menjalin kerjasama dengan kreditur untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh para franchiser. Perusahaan membantu para franchiser merenovasi restoran dan meningkatkan hubungan dengan para franchiser.Mereka mengurangi rata-rata waktu menunggu menjadi 2.5 menit. 70 persen bisnis Burger King dan peralatan masak untuk mempersiapkan makanan selalu diperbaharui.
Perusahaan mulai meningkatkan komunikasi internalnya dan menawarkan tantangan dan penghargaan untuk karyawan yang berdedikasi tinggi. Moral karyawan meningkat, turnover menurun, dan perusahaan mulai menambah karyawan. Dibawah kepemilikan investor swasta, penjualan Burger King Amerika meningkat signifikan selama delapan bagian berturut-turut, dan rata-rata penjualan tiap restoran meningkat 11 persen. Perusahaan juga mulai membangun beberapa cabang restoran dengan tujuan menghemat biaya pembangunan kira-kira 25 persen.
Mei 2006, investor perusahaan membawa Burger King untuk go public, dengan mendaftarkan ke The New York Stock Exchange dengan nama BKC, sehingga Burger King mengalami peningkatan finansial dan laba.
Sampai pada hari ini Burger King mengoperasikan lebih dari 11.200 restoran, serta berupaya mengembangkan outlet yang tersebar di 50 negara bagian dan 60 negara. Tetapi sebelumnya, Burger King telah mencoba membuka cabang restorannya di luar Amerika, pertama kali di San Juan, Puerto Rico pada tahun 1963. Namun, pembukaan gerai di Puerto Rico tidak mendapat tanggapan yang baik dari dunia internasional. Tanggapan ini justru muncul ketika dibuka restotan Burger King di Kanada tahun 1969 pada saat kepemimpinan Pillsbury. Setelah Kanada lalu menjamur kebenua lainnya seperti, di Eropa dengan Madrid sebagai kota pertamanya pada tahun 1972,  pada tahun 1982 giliran Asia Timur yang mendapat giliran membuka restoran ini, termasuk Negara Jepang, Taiwan, Singapura, dan Korea Selatan. Pada tahun 2001 Burger King di Jepang tutup dikarenakan persaingan antar restoran yang ketat. Seperti yang kita ketahui bahwa saat itu restoran franchise sudah menjamur. Tidak heran kalau Burger King memang tertinggal oleh Mc-Donalds yang sangat gencar dalam usaha mempromosikan produknya.
Pada  2007, penghasilan mereka mencapai record $2.23 juta. Kira-kira 90 persen restoran Burger King dimiliki dan dioperasikan sendiri oleh pemilik franchise, kebanyakan dari mereka menjadikan franchise ini sebagai usaha keluarga dan mengoperasikannya selama beberapa dekade. Rata-rata penjualan pada tahun 2007 mencapai $ 1,193 juta secara keseluruhan.  Pada tahun 2007, perusahaan membuka 441 restoran baru, 26 persen meningkat pada akhir tahun.
Perusahaan bermaksud memanfaatkan momen pergerakan ini. Tim kepemimpinan difokuskan pada upaya peningkatan rata-rata pendapatan tahunan menjadi 6-7 persen dan peningkatan pertumbuhan laba bersih sampai 20 persen di tahun mendatang.Sponsor swasta secara berkelanjutan berusaha menjaga 56 persen saham di Burger King.
Burger King adalah scrapping nya 40-tahun "Have It Your Way" slogan mendukung lebih pribadi "Jadilah Jalan Anda.”. Burger King mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa motto baru ini dimaksudkan untuk mengingatkan orang-orang bahwa "mereka dapat dan harus hidup bagaimana mereka ingin kapan saja. Ini ok untuk tidak sempurna ... ekspresi diri adalah yang paling penting dan itu perbedaan kita yang membuat kita individu bukan robot”.
Fernando Machado, wakil presiden senior Burger King manajemen merek global, mencatat dalam sebuah wawancara bahwa "Have It Your Way" berfokus pada hanya pembelian - kemampuan untuk menyesuaikan burger. Sebaliknya, dia mengatakan "Be Your Way" adalah tentang membuat koneksi dengan gaya hidup seseorang lebih besar.
Sempat tutup pada era 1980-an, Burger King mulai dioperasikan oleh Mitra Adiperkasa (yang juga mengoperasikan waralaba Starbucks), pada bulan April 2007, Perusahaan ritel, PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) kini menjadi pemegang lisensi restoran cepat saji terbesar di AS, dengan outlet pertamanya di Senayan City, Jakarta. Saat ini, Burger King memiliki cabang-cabang di Jakarta, Bandung dan Bali. Di Surabaya, Burger King hanya ada di Terminal 2 Bandar Udara Internasional Juanda.
PT Mitra Adiperkasa berdiri pada tahun 1995 dan kemudian berubah menjadi perusahaan terbuka (Tbk) pada tanggal 10 November 2004 yang kepemilikan sahamnya dibuka untuk publik. PT Mitra Adiperkasa merupakan perusahan terbesar di Indonesia dengan lebih dari 100 merk-merk terkenal di dunia, seperti Zara, Swatch, Lotus, Sogo, Adidas, Reebok, Calvin Klein, Converse, Sport Station, Starbucks dan lain sebagainya. Perusahaan ini mendapatkan banyak penghargaan.
PT Mitra Adiperkasa Tbk menambah anak usahanya yang baru atas nama PT Sari Burger Indonesia untuk mengelola Burger King.

Visi dan Misi
Visi : menjadi perusahaan pemasaran ritel terkemuka di Indonesia untuk merek-merek gaya hidup dan produk-produk berkualitas ternama.
Misi :perusahaan berupaya keras memenuhi bahkan melampaui harapan pelanggan akan kebutuhan gaya hidup yang sehat dan memuaskan dengan menyediakan:
·      Produk-produk yang terbaru dan paling inovatif
·      Memberikan pengalaman berbelanja paling mengesankan
·      Memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan
·      Memberikan nilai yang sesuai dengan uang yang dikeluarkan
·      Profil Perusahaan









4.2            Hasil Analisis & Pembahasan
4.2.1.  Aspek Pasar
Potensi pasar burger king untuk bisnis makanan cepat saji ini sangat menguntungkan terlebih lagi makanan cepat saji sudah menjadi suatu kebutuhan pokok bagi masyarakat.
Bentuk pasar burger king dari sisi produsennya yaitu sebagai pasar oligopoly, dimana banyak terdapat barang yang serupa tetapi sedikit yang jual.
Bentuk pasar burger king dari sisi konsumennya yaitu sebagai pasar konsumen dimana pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsikan, bukan untuk dijual atau di proses lebih lanjut.
Dengan adanya restoran burger king dapat mempermudah masyarakat karena kita cukup untuk memesannya dan hidangan yang kita butuhkan sudah ada tanpa kita repot-repot untuk membuatnya sendiri. Ditambah lagi restoran burger king ini sudah ada pelayanan untuk Delivery dimana kita cukup diam dirumah dan pesanan yang kita pesan diantar kerumah kita.

Hambatan aspek Pasar
Posisi dalam pasar oligopoli merupakan tantangan bagi Burger King di tengah persaingan dengan kompetitor Mc Donald dan lain lain, kemungkinan market share diambil oleh kompetitor akan mudah terjadi bila terjadi selisih harga dengan produk kompetitor dengan kualitas yang tidak berbeda jauh

Solusinya adalah dengan menyediakan produk dengan semua range harga yang paling rendah Rp. 25.000,00 sampai dengan Rp. 69.000,00 hal ini bertujuan agar semua pasar bisa terjangkau








Analisis SWOT
Hasil gambar untuk swot burger king


Berikut data dari BPS mengenai pertumbuhan penduduk masyarakat Berikut data dari BPS mengenai pertumbuhan penduduk masyarakat kabupaten karawang sejak tahun 2010 - 2015
Kabupaten                                               
Jumlah Penduduk
2010
2014
2015
(1)
(2)
(3)
(4)
Karawang
                     2.127.791
                    2.250.120
                             2.273.579

Namun pada tahun 2016 diperkirakan pertumbuhan penduduk masyarakat kabupaten karawang mencapai 3,5 juta jiwa sudah termasuk pendatang dari daerah lain yang merupakan pekerja industri manufaktur di Karawang.






Berikut analisis regresi untuk menetukan proyeksi penjualan 5 tahun kedepan
Tahun
 PenJualan (Y)
 X
 X2
 X.Y
 HARGA RATA RATA
 OMZET
2016
                    8.640
            (2)
              4
  (17.280)
                   69.091
       596.946.240
2017
                    9.936
            (1)
              1
    (9.936)
                   69.091
       686.488.176
2018
                  11.426
               -
               -
                -
                   69.091
       789.461.402
2019
                  13.140
              1
              1
    13.140
                   69.091
       907.880.613
2020
                  15.111
              2
              4
    30.223
                   69.091
   1.044.062.705
TOTAL
                  58.254

            10
    16.147

   4.024.839.136


Y = a + bx
a =                                                 b =
a =                                           b =
a = 11.651                              b = 1.615

*        Per Tahun
Y 2021                = a + bx
                           = 11.651 + 1.615(3)
                           = 16.495

*        Per Semester
a   = 11.651/2     = 5.825
b   = 1.615/2        = 807
Y 2021 Per Semester               = 8.247

*        Per Triwulan
a   = 11.651/4     = 2.913
b   = 1.615/4        = 404
Y 2021  Per Triwulan               = 4.124

*        Per Bulan
a   = 11.651/12   = 971
b   = 1.615/12     = 135
Y 2021 Per Bulan                     = 1.37

Berikut grafik Penjualan dari tahun 2016 - 2021
Dari analisi tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin meningkatnya penjualan dari tahun ketahun karena meningkatnya pertumbuhan penduduk dan ekonomi kabupaten karawang dimana di kabupaten karawang ini banyak industry manufaktur dan UMR kabupaten karawang termasuk paling tinggi dari daerah lain.

4.2.2.  Aspek Pemasaran
            Segmenting
-       Aspek Geografis
Masyarakat yang dituju adalah warga kabupaten Karawang yang bertempat tinggal di perumahan Galuh Mas, sekitar daerah kawasan Industri dan perumahan – perumahan sekitar (Grand Taruma, Resinda, Tuparev, dll)

-       Aspek Demografis
Usia dari pelanggan yang dituju antara umur 17 sd 50 tahun laki – laki maupun perempuan dengan upah minimum regional Rp 3.400.000,00

-       Aspek Psikografis
Sebagian penduduk Karawang merupakan pendatang dari daerah lain yang bekerja di Karawang, meskipun banyak warga asli juga berprofesi di Karawang, perkembangan industri di Kota Karawang. Sebagian penduduk Karawang merupakan pendatang dari daerah lain yang bekerja di Karawang, meskipun banyak warga asli juga berprofesi di Karawang, perkembangan industri di Kota Karawang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencari kerja di bidang industri manufaktur.  Gaya hidup karyawan industri manufaktur ini cenderung sangat konsumtif, hal ini terlihat dari banyaknya kepemilikan kendaraan sepeda motor sport dengan kapasitas di atas 150 cc oleh para pekerja pabrik. Slogan Burger King yaitu “Be your way” menekankan kepada pelanggan untuk membuat produk sesuai dengan keinginan pelanggan seperti berapa lembar keju atau daging yang diinginkan dalam burgernya.




-       Aspek Perilaku
Perilaku warga Karawang yang konsumtif gemar membelanjakan uangnya untuk keperluan hiburan dan makanan minuman khususnya di akhir pekan dan hari Minggu terlihat dari ramainya tempat perbelanjaan dan restoran.

Targetting
Target pasar yang ingin dituju adalah karyawan pabrik dan expatriate yang bekerja di Kawasas Industri Karawang untuk kebutuhan catering perusahaan (Delivery), drive thru, maupun makan di tempat.

Positioning
Brand image produk Burger berukuran besar untuk pekerja pria karena sesuai dengan namnya yakni BURGER KING, mudah didapatkan di rumah (dengan jaringan call center untuk delivery ke area tertentu di sekitar restoran Burger King).

Marketing Mix
-       Product
Burger dengan berbagai variant burger dan ukuran Jr. Dan XL:
a.    Chicken fillet burger
b.    Cheese Burger
c.    BBQ Burger
d.    Whopper
e.    Fried chicken
f.     French fries
g.    Sundae ice cream
h.    Soft drink

-       Price
Untuk burger range harga dari Rp. 25.000,00 sd Rp 69.000,00

-       Place
Samping KFC Festive Walk Galuh Mas Karawang

-       Promotion
-     Paket special price delivery bundle
-     Customer mendapatkan discount 10 persen pada pembelian kedua dengan cara registrasi kode khusus yang terdapat di struk pembelian pertama yang dapat diaktifkan di website burger King.
-     Memberikan kupon diskon dengan pilihan menu menu tertentu kepada pelanggan pada pembelian pertama.

Hambatan aspek pemasaran
Beragamnya produk yang ada menimbulkan kemungkinan slow moving beberapa produk sehingga beresiko tidak laku terjual
Solusinya adalah melakukan promo harga secara bergantian untuk produk tertentu secara berkala.
  

4.2.3 Aspek Teknis
            Building Lay

I                                    J                           K

             H
            
 

G


 

L
 



C
B
 


A









 

D
 
Rounded Rectangle:

E
 

F
 
 out
 

M                                 M                             M
           
           


            M
           
                                                                                M
 



            M
                                                                                               
    LANTAI 1                                                                                 LANATAI 2         
KETERANGAN : 
A  : Meja lanatai 1                                                                 G   : Meja luar lantai 2
B  : Tempat pemasanan                                                      H   : Meja lanatai 2
C  : Dapur                                                                              I    : Gudang
D  : Chili & strow station                                                      J    : Toilet Perempuan
E  : Tempat pemasannan ( Drive True )                           L   :  Toilet Laki – Laki
F  : Pengambilan pemasanan ( Drive True )                   M : Jalan drive truE

Ground Layout
Text Box: Lokasi

Semi Manual
Hasil gambar untuk alat pembuat es cream sundaeBeef Griler                                                                             Mesin soft ice cream
Image result





Deep fryer                                                                  Soft Drink Dispenser
Description: Hasil gambar untuk alat softdrinkDescription: Hasil gambar untuk penggorengan kentang

Aspek teknis memiliki hambatan yaitu semua bahan makanan harus dalam keadaan sudah terpotong potong untuk sayuran dan dalam keaadaan siap untuk disajikan dalam jumlah tertentu, hal ini sangat diperlukan untuk mengurangi masa tunggu pesanan produk dari pelanggan sampai produk disajikan.
Solusinya adalah cook harus mempersiapkan bahan bahan untuk operasional esok hari sebelum closing operasional pada hari itu. Hal ini harus dilakukan terus menerus dan menjadi SOP agar masa tidak menggangu operasional restoran.

4.2.4 Aspek Produksi
Menggunakan metode variable costing, yaitu biaya yang dipengaruhi dari banyaknya kuantitas produksi.
Cheese Burger XL
no
Item
unit
Price
qty
 cost
1
Bun
pcs
     5.000
1
             5.000
2
Tomato Sauce
litre
  18.000
0,04
                 720
3
Mayonnaise
litre
  15.000
0,02
                 300
4
Pickle
Kg
  20.000
0,01
                 200
5
Beef
pcs
  12.000
1
           12.000
6
Tomato
Kg
  15.000
0,04
                 600
7
Cucumber
Kg
  12.000
0,03
                 360
9
Cheese Slice
Pack
  10.000
                                     0,20
             2.000
COGS
           21.180
COGS %
             30,66

selling price
           69.091










biaya gaji Karyawan
     42.400.000

Listrik dan air
     15.000.000

Biaya penyusutan
     37.500.000



Biaya tetap
     94.900.000


biaya tetap
   94.900.000

harga per unit
  
           69.091

biaya variabel per unit
           21.180



BEP UNIT =
BIAYA TETAP / (HARGA PER UNIT - BIAYA PER UNIT)

94,900,000 / (69,091 -21,180)

                    1.981
PCS




biaya tetap
   94.900.000

MARGIN KONTRIBUSI = HARGA JUAL PER UNIT - BIAYA VARIABEL PER UNIT

kontribusi margin per unit
           47.911
harga per unit
           69.091

BEP Rupiah = BIAYA TETAP / (MARGIN KONTRIBUSI / HARGA PER UNIT)

94,900,000 / (47,911 / 69,091)

Rp136.852.412


4.2.5     Aspek Manajemen


Pemilik

 
Struktur Organisasi

 







Operasional Restoran dimulai pukul 10.00 – 22.00 WIB
Shifting berlaku satu shiff 12 Jam dengan jumlah karyawan
·         Restaurant Manager 1 orang
·         Cook 4 orang
·         Delivery Crew 1 orang
·         Waiters 3 orang
·         Cashier 5 orang

4.2.6     Aspek Manajemen Sumber Daya Manusia
1.     Pemilik
Pemilik memiliki hak yang kuat atas restoran maka pemilik melakukan pemerikasan pembukuan, keuangan serta segala tindakan yang di jalankan oleh manajer retoran. Pemilik tidak diwajibkan selalu ada setiap hari pada restoran dikarenakan kesibukannya mengurus bisnis yang lainnya.

2.     Restaurant Manager
Restaurant Manager bertanggung jawab atas kelancaran administrasi dan operasional serta mengkoordinir segala keselarasan  kegiatan di unit restoran dan dapur dari segala aspek operasionalnya termasuk juga terhadap pengontrolan pembiaya dari target hasil usaha yang selaras dengan tujuan perusahan.

3.     Chef
Chef bertanggung jawab atas persediaan makan sesuai dengan kebutuhan dan kegiatan menu maupun staf berdasarkan resep standard dan biaya pembuatan makanan yang telah di anggarkan.

4.     Delivery Crew
Delivery Crew bertugas mempersiapkan perlengkapan delivery dan kondisi kendaraan pengantar dalam kondisi baik. Memastikan bahwa pesanan yang dibawa sesuai pesanan konsumen, dan membuat laporan keluhan konsumen.

5.     Waiters/waiterss
Waiters/waiterss bertanggung jawab atas tugasnya dalam menyiapkan susunan meja yang rapih dan memberikan pelayanan dalam penghidangan makanan dan minum secara ramah, sopan dan efesian terhadap konsumen yang datang ke restoran sesuai standar pesanan dan konsumen.

6.     Cashier
4 orang cashier untuk restoran dan 1 orang cashier untuk drive thru
Cashier bertanggung jawab Membersihkan dan merapikan area kasir yang meliputi : Meja kasir, komputer kasir, printer, lantai, vas bunga (jika ada), dan tempat sampah area kasir. Memastikan komputer kasir dan printernya  berfungsi dengan baik. Segera laporkan kepada supervisor atau captain waiter jika ditemukan adanya error pada program kasir (POS) dan atau printernya. Cek dan hitung ulang uang modal kasir dan uang receh atau pecahan yang berfungsi sebagai uang tukaran. Melakukan transaksi dengan baik, ramah,cepat, dan akurat. Menjawab telfon masuk dengan baik sesuai SOP menerima telfonMencatat pesanan konsumen dengan jelas dan benar di buku pesanan. Koordinasi dengan supervisor atau captain waiter jika ada complaint atau keluhan dari konsumen atau pelanggan untuk segera ditindak lanjuti dengan cepat dan tepat.

Hambatan aspek manajemen sumber daya manusia
Kecilnya struktur organisasi di restoran membuat fungsi kontrol sangat bergantung pada manajer restoran, sehingga situasi – situasi yang bersifat insidentil hanya bisa diselesaikan oleh manajer yang mampu mengambil inisiatif misalnya bila terjadi keluhan dari pelanggan yang kecewa mengenai kualitas produk atau pelayanan, manajer harus mampu memberi solusi yang tepat

Solusinya adalah manajer restoran harus memiliki pengetahuan tentang handling customer complain,mampu mengambil keputusan dengan cepat saat terjadi customer complain, cakap dan berkompeten sesuai training yang dilakukan perusahaan.  Proses seleksi untuk manajer harus dilakukan secara khusus untuk menguji kemampuan dan kepemimpinan dalam mengatur anggotanya.


4.2.7     Aspek Ekonomi
Dalam aspek ekonomi terdapat hambatan-hambatan di dalam ekonomi yaitu :
·           Kebijakan bisnis dari pemerintah
Kebijakan bisnis dari pemerintah merupakan suatu peraturan mengenai izin pendiran seperti akte pendirian dan SIUP.
Menambah pendapatan daerah dengan cara pendapatan dari pajak daerah tersebut.

·           Pertumbuhan Penduduk
Bertumbuhnnya penduduk Memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat. Kegiatan usaha yang dapat dikerjakan oleh tenaga kerja lokal, meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat meningat UMK Karawang merupakan yang tertinggi di Indonesia.

·           Pendapatan Nasional dan Pendapatan Perkapita
Memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat. Kegiatan usaha yang dapat dikerjakan oleh tenaga kerja lokal, meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat mengingat UMR Karawang saat ini mencapai 3 juta dan merupakan UMR yang tertinggi di Indonesia.

·           Investasi dari Pihak Lain
seperti persaingan ketat karena di daerah tersebut banyak produk sejenis yang memiliki brand ternama selaku pesaing utama yaitu Mc Donald, keputusan manajemen MAP sendiri yang untuk menjual sebagian saham ke perusahaan asing asal Singapura, hadirnya Burger King di Galuh Mas Karawang memberikan peningkatan ekonomi terhadap penduduk sekitar sebagai tenaga kerja dan turut meningkatkan pendapatan asli daerah.

·           Pertumbuhan Industri
Menumbuhkan industry lain. Dengan adanya proses bisnis yang baru, di harapkan tumbuh industry lain baik yang sejenis atau industry pendukung lainnya. seperti bahan industry baku contohnya pemasok bahan baku untuk produk BURGER KING maupun industry lainnya untuk  penambah pilihan sebagai kebutuhan konsemen sehingga berdampak positif bagi kegiatan ekonomi di daerah tersebut.

·         Kurs Valuta Asing
Fluktuasi kurs dollar AS yang tidak menentu menjadi penghambat saat pemasok bahan makanan harus mengimpor sebagian bahan dari negara tertentu dan menyebabkan perubahan harga dari pemasok yang diakibatkan oleh perubahan nilai uang.
Sebagian investasi yang dilakukan oleh pihak asing menggunakan valuta asing yang mana memungkinkan terjadi perubahan nilai uang di masa yang akan datang akibat inflasi dan fluktuasi kurs.




·           Kredit Perbankan
Tambahan modal untuk membeli suatu asset yang dibutuhkan oleh bisnis BURGER KING, akan tetapi hambatannya nilai tingkat bunga pinjaman fluktuatif

·           Anggaran Pemerintah
Pengertian Anggaran Sektor Publik
Anggaran publik berisi rencana kegiatan yang direpresentasikan dalam bentuk rencana perolehan pendapatan dan belanja dalam satuan moneter. Dalam bentuk yang sederhana anggaran sektor publik merupakan suatu dokumen yang menggambarkan kodisi keuangan dari suatu organisasi yang meliputi informasi mengenai pendapatan, belanja dan aktivitas. Anggaran berisi estimasi mengenai apa yang akan dilakukan organisasi di masa yang akan datang.
Pentingnya Anggaran Sektor Publik
Anggaran sektor publik dibuat untuk membantu menentukan tingkat kebutuhan masyarakat seperti listrik, air bersih, kualitas kesehatan, pendidikan, dsbnya agar terjamin secara layak. Tingkat kesejahteraan masyarakat dipengaruhi oleh keputusan yang dibuat pemerintah melalui anggran yang dibuat.
APBD/APBN yang dipresentasikan setiap akhir tahun dihadapan DPRD/DPR memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang program yang direncanakan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan darimana program tersebut dibiayai

·           Penganggaran Pemerintah
Penganggaran pada sektor publik terkait dengan proses penentanjumlah alokasi dana untuk tiap-tiap program dan aktivitas dalam satuan moneter. Proses penganggaran sektor publik dimulai ketika perumusan staretgi dan perencanaan strategik selesai dilakukan.
Contohnya pembanguan dalam jangka panjang seperti pembuatan kereta cepat dimana jalur perlintasan tersebut melewati kabupaten karawang adalah , jalan tol karawang – bogor yang berlokasi di loji kabupaten karawang, pembuatan pelabuhan yang berlokasi di cilamaya, dengan adanya pembangunan tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian baru.

·           Perdagangan Luar Negeri
Franchise yang dimiliki oleh pihak asing mengharuskan perusahaan di dalam negeri membayar aset tak berwujud berupa franchise kepada perusahaan pusat yang berada di Amerika Serikat.

·           Neraca Pembayaran
Neraca pembayaran adalah suatu pembukuan yang menunjukkan aliran pembayaran yang dilakukan dari negara-negara lain ke dalam negeri, dan dari dalam negeri ke negara-negara lain. Pembayaran-pembayaran yang dilakukan tersebut meliputi:
1.   penerimaan dari ekspor dan pembayaran untuk impor barang dan jasa;
2.   aliran masuk penanaman modal asing dan pembayaran penanaman modal ke luar negeri; dan
3.   aliran ke luar dan lairan masuk modal jangka pendek (seperti mendepositkan uang di luar negeri).

Dengan demikian, sama halnya dengan masalah pengangguran dan inflasi, masalah defisit dalam neraca pembayaran dapat menimbulkan efek yang buruk ke atas prestasi kegiatan ekonomi dalam jangka pendek dan jangka panjang. Oleh karenanya setiap negara harus berusaha menghindari berlakunya defisit dalam neraca pembayaran.

4.2.8     Aspek Sosial
Dengan adanya restoran burger king banyak masyarakat terutama anak
yang terpengaruh dengan moderenisasi dan globalisasi akan suatu           brand yang sudah mendunia. Pengaruh modernisasi ini dapat menyebabkan masyarakat menjadi boros dalam membelanjakan uangnya demi mengikuti gaya hidup yang sebenarnya bukan kebutuhan utama.
·           Interaksi Sosial
Dengan adannya restoran BURGER KING ini dapat mengubah suatu prilaku di lingkungan tersebut dimana perusahaan atau organisasi sebagai lembaga sosial.

·           Perubahan Kondisi Sosial yang Kompleks
cenderung banyaknya anak-anak yang mengkonsumsi makanan cepat saji yang berdampak obesitas bila di konsumsi secara berlebihan, dan prilaku makan di restoran cepat saja menjadi suatu keharusan bagi masyarakat lingkungan sekitar.
·           Perubahan dalam Masyarakat Pluralistics
Masyarakat pluralistic adalah sebuah kehidupan berbagai kelompok yang mempengaruhi perusahaan dalam mendapatkan harapan-harapan sosial, ekonomi dan politik. Masing-masing kelompok berusaha mengembangankan diri supaya fungsi sistem itu efektif
Berkaitan dengan yang di atas, hendak nya bisnis memiliki manfaat-manfaat social yang hendak nya diterima oleh masyarakat, seperti:
a.  Membuka lapangan kerja baru, maksudnya di bukakan proyek bisnis akan menggairahkan masyarakat sekitar untuk turut serta membuka lapangan kerja baru.

b.  Melaksanakan alih teknologi maksudnya dengan dilakukan nya alih tekhnologi ini kapada pekerja dengan berbagai cara pelatihan yang terprogram dengan baik maka di harapkan tidak meningkatkan “skil” pekerja tetapi juga sikap mental sebagai tenaga kerja yang andal semakin kokoh.

c.   Dengan adannya restoran burger king ini dapat meningkatkan mutu hidup sudah tentu, adanya proyek bisnis turut serta mengurangi angka pengangguran.

d.  Pengaruh positif dari restoran burger king ini hendak nya dapat berpengaruh positif pada masyarakat sekitar,tidak hanya berdampak pada meningkatnya atau semakin baiknya kondisi lingkungan fisik, seperti jalan, jembatan, dan telepon tetapi juga kondisi lingkungan fisikis mereka.


4.2.9     Aspek Politik
Politik adalah macam-macam kegiatan yang menyangkut dengan penentuan tujuan-tujuan dan pelaksanaan tujuan itu seperti :
1.     Isu Strategis
Adanya isu, rumor, spekulasi yang timbul akibat kondisi politik yang di ciptakan pemerintah akan mempengaruhi permintaan dan penawaran suatu produk, baik itu barang maupun jasa. good news dan bad news.di dalam bisnis good news di maknai dengan berita-berita yang dapat di terima pelaku pasar tentang berbagai factor atau kondisi suatu negara yang berhubungan dengan dunia investasi, yang di nilai mendukung dan memiliki potensi mendatangkan keuntungan bagi dunia investasi.Bad news , di sisi lain di maknai sebagai berita yang di terima pelaku pasar tentang berbagai factor atau kondisi suatu Negara yang berhubungan dengan dunia investasiyang di nilai tidak mendukung dan memiliki potensi mendatangkan kerugian bagi dunia investasi.
2.     Penyelenggaraan Pemerintahan
Peraturan Perundang-undangan yang menjadi landasan bagi transaksi bisnis
·      Buku III Kitab Undang-Undang Hukum Perdata tentang Perikatan
·      Kitab Undang-Undang Hukum Dagang
·      Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1997 tentang Dokumen Perusahaan
·      Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1995 sebagaimana telah dubah menjadi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas
·      Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian
·      Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan
·      Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2001 tentang Paten
·      Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek
·      Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2000 tentang Rahasia Dagang
·      Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 tentang Desain Industri
·      Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat
·      Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen
·      Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang

3.     Kerjasama Pemerintah
Kebijakan pemerintah sekarang ini harus realistis. Melihat berbagai kenyataan yang ada maka, berbagai pertimbangan dalam diri kita harus muncul. Mengerti dan memahami hakekat dari keluarnya kebijakan tersebut harus diketahui terlebih dahulu. Misalnya, apa yang menyebabkan keluarnya kebijakan tersebut, mengapa kebijakan tersebut yang harus diambil oleh pemerintah, dan apa dampaknya terhadap masyarakat.
Contoh lain dari kebijakan yang dinilai dapat membantu masyarakat adalah proyek-proyek yang diadakan oleh pemerintah. katakanlah pemerintah mengadakan proyek membangun jalan raya. Dalam proyek ini pemerintah membutuhkan buruh dan pekerja lain untuk menyelesaikannya. Dengan kata lain proyek ini menyerap SDM sebagai tenaga kerja. Hal ini membuat pendapatan orang yang bekerja di situ bertambah. Dengan bertambahnya pendapatan mereka akan terjadi efek yang sama dengan BLT tadi.

4.2.10    Aspek Hukum
Menyangkut semua legalitas rencana bisnis yang akan kita laksanakan yang meliputi ketentuan hukum yang berlaku diantaranya :
·       Izin lokasi
·      Akte pendirian perusahaan dari notaris setempat PT/CV atau berbentuk badan  hukum lainnya.
Akta pendirian merupakan salah satu bentuk perizinan/legalitas bisnis. Akta pendirian perusahaan meruapaka data otentik, yaitu salah satu bentuk legalitas perusahaan yan dibuat di hadaan notaries, pejabat umum yang diberiakan wewenang untuk itu oleh undang – undang. Akta pendirian yang memuat anggaran dasar perusahaan, yaitu seperangkat aturan yang menajdi dasar berdiri organisasi dan bekerjanya perusahaan menurut hukum.
·      NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
·      Surat tanda daftar perusahaan
·      Surat izin tempat usaha dari pemda setempat
·      Surat tanda rekanan dari pemda setempat
·      SIUP setempat
Dalam dunia bisnis, perizinan/ legalitas memegang peranan yang sangat penting. Dunia usaha tidak akan berkembang tanpa adanya mizin yang jelas menurut hukum dan izin berfungsi karena dunia usaha membutuhkannya. Dunia usaha akan berkembang bila izin yang diberikan mempunyai suatu kekuatan yang pasti, sehingga perizinan dan dunia usaha dapat bekerja dalam kondisi yang nyaman. Salah satu cara yang paling menunjang adalah dengan diberlakukannya Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), seperti yang diingatkan dalam UU No. 3 tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan (UUWDP) menyebutkan bahwa suatu perusahaan wajib didaftarkan dalam jangka waktu 3 bulan setelah perusahaan mulai menjalankan usahanya, dan menurut Keputusan Mentri Perdagangan No:1458/KP/XII/84  tentang “Surat Izin Usaha Perdagangan” (SIUP) menyebutkan bahwa setiap perusahaan yang melakukan kegiatan perdagangan diwajibkan memiliki SIUP dengan mengajukan Surat Permoonan Izin (SPI).
Perusahaan yang harus memiliki SIUP, yaitu :
1.  Perusahan kecil, yaitu perusahaan yang mempunyai modal dan kekayaan bersih (netto) di bawah Rp. 25.000.000;
2.  Perusahaan menengah, yaitu erusahaan yang mempunyai modal dan kekayaan bersih (netto) di atas RP. 25.000.000,- sampai dengan RP. 100.000.000;
3.  Perusahaan besar, yaitu perusahaan yang mempunyai modal dan kekayaan bersih diatas Rp. 100.000.000.
Perusahaan yang memiliki SIUP memiliki kewajiban:
1.  Lapor apabila tidak melakukan kegiatan perdagangan/ menutup perusahaan disertai pengambilan SIUP.
2.  Memberikan data informasi mengenai kegiatan usaha bila diperlukan oleh mentri/ pejabat terkait.
3.  Membayar biaya administrasi izin perusahaan.

4.2.11        Aspek Lingkungan
    Lingkungan bisnis
-     Ancaman masuk pendatang baru
Wendy’s yang memiliki burger ukuran besar, varian yang banyak dan kualitas yang tidak kalah dengan burger king.
-     Persaingan sesama perusahaan didalam industrinya
Bisnis serupa sama – sama menyediakan layanan delivery disamping itu harga produk – produknya juga besaing ketat.
-     Ancaman dari produk pengganti
Mc’donald yang sudah ada lebih dahulu di Karawang berpotensi menjadi produk pengganti bila memiliki produk dengan bahan baku yang lebih berkualtas.
-     Kekuatan tawar – menawar pembeli
Pembeli cendrung akan memilih produk yang lebih murah atau lebih berkualitas, sebagian pembeli memprioritaskan haraga dan sebagian lagi lebih mementingkan kualitas.
-     Kekuatan tawar – menawar pemasok
Sistem franchise yang mana harga bahan baku sudah mengikuti kontrak yang berlaku, perubahan harga dapat dilakukan bila memenuhi kondisi – kondisi yang tertera dalam surat perjanjian kerja dengan pemasok.
-    Pengaruh kekuatan stakeholder lainnya     
        -           Bisnis mengikuti semua persyaratan pemerintah dan pembagian PPN yang ditujukan langsung menjadi pendapatan asli daerah, bersinergi dengan program pemerintah pusat untuk pertumbuhan industri makanan dan minuman lewat kementrian – kementrian terkait.
       -            Lingkungan masyarakat menyumbang kontrobusi terhadap bisnis lewat tenaga kerja yang berasal dari masyarakat sekitar.
        -           Kreditor yaitu Bank menilai kelayakan bisnis dan kinerja bisnis dalam upaya untuk mengabulkan pengajuan kredit bisnis.
-           Asosiasi yaitu dengan adanya dukungan dari GAPMMI (Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia) dengan cara ikut menjadi anggota GAPPMI membuat manajemen menjadi update dengan informasi – informasi baru seputar bisnis baru restoran dan kerjasama antar pemilik bisnis dalam melakukan pemetaan pasar.

Lingkungan hidup
Mengacu pada analisis AMDAL
aspek lingkungan dalam SKB mengacu pada Analisis Mengenai Dampak Lingkungan ( AMDAL ) yang disusun  oleh konsultan AMDAL. Di Indonesia AMDAL dikenal sejak 1985-an.
AMDAL adalah analisis mengenai dampak suatu proyek (kegiatan ) terhadap lingkungan hidup.
Tujuan dilakukan AMDA  terutama adalah  agar kualitas lingkungan  dapat terjaga dengan baik dan  tidak mengalami  kerusakan dengan berdirinya proyek. Contoh pencemaran lingkungan
n  PP 29 tahun 1986 pasal 6, AMDAL merupakan komponen studi kelayakan dari rencana kegiatan, sehingga bagi proyek tertentu tahap implementasi belum dapat dimulai sebelum AMDAL diselesaikan dan disetujui oleh pihak yang bertanggung jawab.
      PP Nomor 51 tahun 1993 dimaksudkan sebagai penyempurnaan ketentuan pokok pengelolaan lingkungan hidup serta beberapa keputusan menteri yang menyertainya (Kep-11?MENLH/3/94 dan Kep-12/MENLH/3/94)

LANDASAN UTAMA :
n  Memperhatikan kemampuan daya dukung lingkungan lokasi proyek dan alam sekitarnya.
n  Mengelola penggunaan sumber daya secara bijaksana dengan merencanakan, memantau, dan mengendalikan secara bijaksana.
n  Memperkecil dampak negatif dan memperbesar dampak positif.

Hambatan aspek lingkungan
Bahwa bisnis akan menghasilkan limbah berupa air bekas cuci peralatan memasak yang dilakukan terus menerus setiap hari yang mana peralatan memasak ini mengandung lemak jenuh sisa menggoreng atau memanggang yang bisa berdampak merusak lingkungan.

Solusinya adalah dengan membangun sistem drainase yang baik, membangun tempat penyimpaan air untuk mencuci (torren air), memastikan limbah pencucian peralatan masak tidak akan mengalir ke perumahan sekitar.











4.2.12                                     Aspek Keuangan

Aspek Keuangan
Diketahui
Harga Mesin Baru
 Rp    2.000.000.000
Umur Ekonomis
 4 Tahun
Nilai Residu
 Rp        200.000.000
Penghematan Tunai
 Rp        300.000.000
Pajak
30%
Return
18%

Langkah awal
Penyusutan mesin baru  
 2.000.000.000    - 200.000.000/4   =
Rp    450.000.000
Perhitungan penerimaan bersih dan investasi bersih
Investasi Bersih
 Rp 1.000.000.000
Penghematan Tunai
 Rp    500.000.000
Penyusutan mesin baru petahun
 Rp    450.000.000
-
Tambahan EBIT
=
 Rp      50.000.000
Pajak 30%
=
 Rp      15.000.000
-
Tambahan EAT
 Rp      35.000.000
Tambahan Penyusutan
=
 Rp    450.000.000
+
Tambahan Cashflow
 Rp    485.000.000



Payback Period
=
 Rp 1.000.000.000
x 1 tahun
=
 2 Tahun
 Rp    485.000.000

Ini berarti bahwa dana yang tertanam dalam aktiva tetap tersebut sebesar Rp.1.000.000.000, sudah dapat diperoleh kembali seluruhnya dalam waktu 2 tahun.

Untuk menilai kelayakannya, misal dengan menggunakan metode NPV maka dapat dihitung NPV nya sebagai berikut:

Pv dari tambahan cashflow tahun 1-4
 Rp 485.000.000
x 2,960
=
 Rp 1.304.650.000

Pv dari nilai residu 4 tahun
 Rp 200.000.000
x 0,516
=
 Rp     103.200.000
+
Total Pv of cashflow
 Rp 1.407.850.000
Investasi
 Rp 1.000.000.000
-
Net Present Value
 Rp     407.850.000

Dari analisa perhitungan tersebut, ternyata menghasilkan NPV Positif sebesar Rp. 407.850.000 sehingga dapat di simpulkan bahwa investasi pembelian mesin tersesebut layak.

Profitability Index (PI)
=
    1.407.850.000
=
   1,41
    1.000.000.000

Dari analisa perhitungan tersebut dapat dinyatakan bahwa investasi dapat diterima karena mempunyai PI lebih besar dari 1.



BAB V
KESIMPULAN & SARAN

5.1 KESIMPULAN
5.1.1     Hasil Analisa Aspek Ekonomi memiliki kemampuan :
·         Memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat. Kegiatan usaha yang dapat di kerjakan oleh tenaga kerja local Untuk penghasilan masyarakat karawang dapat dilihat dari besarnya UMR kota karawang.
Menumbuhkan industry lain. Dengan adanya proses bisnis yang baru, di harapkan tumbuh industry lain baik yang sejenis atau industry pendukung   lainnya.
Menambah pendapatan daerah dengan cara pendapatan dari pajak daerah tersebut.
·         Aspek ekonomi memiliki kelemahan yaitu persangian ketat karena di daerah tersebut banyak produk sejenis yang memiliki brand ternama.
·         Kebutuhan atas permodalan dan ekspansi menyebabkan PT. Mitra Adiperkasa menjual sebagian sahamnya sebesar 39% ke perusahaan asal Singapura untuk memperkuat Burger King.

5.1.2     Hasil Analisa Aspek Sosial memiliki Kemampuan:

·         Dengan adanya restoran burger king banyak masyarakat terutama anak yang terpengaruh dengan modernisasi dan globalisasi akan suatu brand yang sudah mendunia.
·         Aspek Sosial mempunyai kelemahan yaitu: cenderung banyaknya anak-anak yang mengkonsumsi makanan cepat saji yang berdampak obesitas bila dikonsumsi secara berlebihan.






5.1.3     Hasil Analisa Aspek Politik memiliki Kemampuan:
·    Pihak Burger King, developer Galuh Mas dan bisnis sejenis di sekitar melakukan strategi lokasi bisnis dimana penentuan lokasi bisnis ini dimaksudkan untuk bisnis masing masing perusahaan dapat berjalan secara bersama – sama dengan menekan ancaman persaingan seminim mungkin.

5.2 SARAN
Dari Aspek Ekonomi Peneliti  Menyarankan:
Perusahaan bisa mengambil modal kerja dari anak perusahaan lain yang menjadi penghasil profit terbesar sebagai tambahan investasi untuk Burger King dibanding dengan harus menjual saham ke perusahaan asing.

Dari Aspek Politik Peneliti Menyarankan:
Burger King melakukan pendekatan berkelanjutan kepada developer Galuh Mas untuk mengamankan sekitar Festive Walk Karawang di luar mall untuk tidak berdiri bisnis serupa dengan variant sejenis, hal ini dapat dilakukan dengan cara perjanjian tertulis dengan syarat ketentuan tertentu dengan kedua belah pihak.






                                                                                                                                                                     DAFTAR PUSTAKA

     Arif Furchan. 1992 Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Usaha Nasional. Surabaya.

Ahmad Sunhaj. 1996. Teknik Penulisan Kualitatif dalam Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-Ilmu Sosial dan Keagamaan. Kalimasada Press. Malang.

Imron Arifin. 1996. PenelitianKualitatif. Kalimasahada Press. Bandu 
Lexy  J. Moleong. 1994. Metode Penelitian Kualitatif . Remaja Rosda Karya. Bandung.





                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            





3 komentar:

  1. terimakasih telah berbagi beragam informasi seputar wirausaha kuliner burger king, sangat menarik...
    Software Kasir Restoran

    BalasHapus
  2. WinStar World Casino to Offer 25M+ Employees and 10M
    World Casino will 서귀포 출장마사지 offer 25M+ 삼척 출장마사지 employees 포항 출장안마 and 10M employees and 10M of players 안동 출장샵 to enter 안성 출장안마 the casino for free.

    BalasHapus